Porsche membutuhkan mobil untuk memperluas jajarannya. Pada tahun 1982 itu meluncurkan model 944, yang menggunakan mesin depan dan roda belakang. Pada 1991, model yang sudah ketinggalan zaman diperlukan penggantian. Itu adalah 968. 924/944 dibangun sebagai mobil sport Porsche yang lebih terjangkau. Itu juga merupakan awal dari mobil mesin depan yang berpendingin air untuk pembuat mobil Jerman. Untuk mencapai keseimbangan yang baik, gearbox dipasang di belakang. Konsep yang sama diadopsi untuk Porsche 968 1991. Dari luar, bagian mobil yang paling mencolok adalah sistem lampu depan. Itu miring kembali di kap dan bangkit ketika mereka dibutuhkan. Hood panjang dan pilar-pilar Racun membuat mobil terlihat seperti GT. Kembali miring menutupi lebar, tetapi tidak begitu dalam, bagasi. Desain keseluruhan adalah campuran halus antara model 911, 944, dan 928. Seperti pendahulunya, 944, ini menampilkan dua kursi di belakang, dilengkapi untuk anak-anak yang sangat kecil. Itu adalah langkah maju jika dibandingkan dengan ruangan di belakang 911. Dengan menurunkan seatback, bagasi diperpanjang. Platform teknis menampilkan kombinasi struts McPherson di lengan depan dan semi-trailing di belakang. Di bawah tenda, ada mesin inline-empat dengan perpindahan 3.0 liter. Itu dipasang kembali, untuk membantu mobil mencapai distribusi berat yang seimbang. Waktu katup variabel varioCAM memungkinkan daya spesifik yang lebih baik. Manual enam kecepatan dipasang sebagai standar dan tidak ada pilihan lain untuk 968.