Mengikuti jejak dari Renault 8 Gordini yang mulia, pembuat mobil Prancis mencoba mendapatkan kesuksesan kedua dengan Renault 12 Depan-Drive 12 dan menambahkan versi Gordini. Untuk saat-saat itu, itu seperti AMG untuk Mercedes-Benz. Dari luar, tidak ada begitu banyak perbedaan nyata antara Renault 12 reguler dan Renault Gordini, selain dari empat desain lampu depan putaran untuk yang terakhir. Tapi itu tersedia di tingkat trim Renault 12 in tl (mewah). Untuk membuat perbedaan, sebagian besar model Gordini memiliki desain kembar dengan garis yang dimulai dari kap, mengikuti seluruh panjang mobil ke bagasi. Versi balapan tidak menampilkan bumper. Satu set roda khusus dipasang pada sistem baut tiga lug, dengan ban yang lebih luas. Di dalam, ada lebih banyak perbedaan daripada pada Renault 12 reguler. Mobil ini menampilkan kursi ember standar dan tachometer. Gearbox lima kecepatan dipasang sebagai standar pada Gordini, sementara itu tidak tersedia untuk sisa jangkauan R12. Di bawah kap, mesin standar menampilkan inline-empat 1,6 liter dari Renault 16, diumpankan oleh dua karburator Weber double-barel. Ada juga opsi untuk menyesuaikan mobil dengan dua karburator double-barel dellorto 40, yang meningkatkan daya. Seiring dengan camshaft baru, mesin dapat menawarkan hingga 160 hp. Suspensi independen depan menggunakan desain roda paralel, dan itu tidak banyak membantu di sudut-sudut, sedangkan suspensi belakang dengan poros kaku yang mengambang dan pegas koil.