Renault meluncurkan generasi ketiga dari rentang segmennya pada akhir 2008 dan, pada tahun 2009, itu memperkenalkan versi stasiun-wagon. Segmen kompak meningkat lagi setelah krisis keuangan dunia, dan Renault bergegas untuk menawarkan lineup lengkap untuk papan nama Megane yang sukses. Sementara beberapa pelanggan bersemangat untuk mendapatkan versi tiga pintu yang indah, stasiun-Wagon adalah pilihan keluarga dan salesman di seluruh benua Eropa. Itu adalah kendaraan yang layak, baik dan praktis. Renault menjatuhkan ide asli dari gerobak stasiun klasik dengan jendela lebar di belakang pintu belakang. Tampilan keseluruhan lebih dekat dengan hatchback dengan atap yang lebih panjang. Di depan, digunakan fasia depan yang sama dengan lampu depan sapuan pada fender, dan grille dipasang hanya di celemek depan, bukan di atas bumper. Dari sisinya, sinyal belokan di cermin dan gagang pintu berwarna tubuh dipasang sebagai standar. Di dalam, Renault memasang dasbor melengkung yang ditutupi bahan yang lembut. Cluster instrumennya memakai speedometer digital di tengah diapit oleh tachometer analog di kiri dan LCD kecil untuk komputer di papan di sebelah kanan. Di tengah panel dasbor, sebuah cluster tambahan menampilkan tampilan tambahan untuk sistem audio, menunjukkan informasi pemanggil-id atau data lain yang relevan dari radio atau CD-player. Interior Megane cocok untuk hingga lima orang dewasa, dengan dua, hampir rata, kursi di depan dan bangku lipat split di belakang. Pengguna dapat memperluas area bagasi dari 524 liter biasa (18,5 cu-ft) hingga 1.595 liter (56,33 cu-ft). Renault menawarkan megane dengan hingga 14 pilihan mesin, dengan transmisi otomatis atau CVT, tergantung pada pasar.