Rentang Saab 9-3 diperkenalkan pada tahun 1998 sebagai penerus 900 seri. Itu ditawarkan sebagai hatchback, coupe, dan convertible. Itu dikembangkan dan diproduksi di bawah manajemen GM. Bahkan jika tidak ada hari untuk mengemudi dengan top down di Swedia, perusahaan Swedia membangun convertibles sejak model pertama, 92 (1952), yang menampilkan atap tekstil (juga dikenal sebagai Kendaraan Cabrio-Coach). Tidak seperti leluhurnya, 9-3 adalah konversi sejati. 9-3 menampilkan desain depan yang sama dengan saudara kandungnya, tetapi itu tidak memiliki bagasi-tutup miring atau, setidaknya, tidak sejelas. Karena mobil berbagi platform dengan Vectra Opel / Vauxhall, ia harus menggunakan beberapa komponennya. Lampu depan dan grille trapesium spesifik menghiasi fasia depan. A-pilar yang disapu tebal dan disajikan sebagai perlindungan gulungan keselamatan. Dengan beltline naik, para insinyur menyatakan bahwa jika mobil terbalik, penghuninya memiliki peluang besar untuk bertahan hidup jika sabuk pengaman digunakan. Saab adalah pembuat mobil pertama yang sesuai dengan perangkat keselamatan di dunia dan memberikan hak untuk menggunakannya secara gratis ke semua pembuat mobil. Di dalam, saab mencoba bersaing dengan kendaraan premium. Dasbornya besar dan stack tengah mengambil inspirasi dari industri pesawat terbang. Fungsi "panel malam" dilakukan dari kakaknya yang lebih besar, 9-5. Setelah diaktifkan, seluruh panel instrumen ditutup dan hanya menyalakan speedometer. Untuk kompartemen-mesin, 9-3 convertible ditawarkan dengan berbagai pilihan mesin bensin, kebanyakan dari mereka turbocharged. Transmisi standar untuk seluruh kisaran adalah manual 5 kecepatan sementara otomatis 4-kecepatan tersedia.