Saab memperkenalkan generasi baru untuk barisan 900 pada tahun 1978, tetapi karena salju lebih hadir di Swedia daripada matahari, pembuat mobil tidak repot-repot membuat versi terbuka untuk itu. Tetapi pembuat mobil mencoba mengekspor mobil ke negara lain, dan itu cukup sukses. Ketika mengirim mobil ke pasar M.S., pelanggan terpana oleh mesin turbocharged. Tetapi semua mobil premium menawarkan versi rag-top untuk kudeta mereka, sementara Saab tidak. Importir A.S. menyarankan kepada pembuat mobil yang harus menawarkan seseorang untuk meningkatkan penjualan. Ada beberapa penawaran dari Kustom CoachBuilders, tetapi pembuat mobil Swedia tidak senang dengan hasilnya. Itu berakhir dengan meminta departemen desainnya untuk membuatnya, dan hasilnya jauh lebih baik. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, Saab memproduksi mobil di Valmet Automotive tepat di seberang perbatasan di Finlandia. Saab meluncurkan 900 Cabrio pada tahun 1986, dan itu tampak istimewa. Bagian depan mobil menyimpan fasia depan yang sama dengan lampu depan persegi panjang. Ini curam tetapi melengkung di samping, dan kaca depan terinspirasi oleh mantan jet tempur Saab. Seorang spoiler karet hitam menghiasi batangnya yang miring dan atap yang dioperasikan dengan daya menampilkan dua lapisan untuk isolasi suara dan suhu yang lebih baik. Di dalam, Saab mempertahankan interior yang sama dari coupe dua pintu, dari mana Cabrio diturunkan. Dasbornya dirancang di sekitar pengemudi meningkatkan pengalaman berkendara. Karena mobil itu didasarkan pada versi coupe dua pintu, bukan pada hatchback tiga pintu, mobil dapat menarik kembali lap di belakang kursi belakang sepenuhnya. Dengan demikian, ia menyediakan ruang kaki yang memadai untuk penumpang belakang. Itu bukan mobil hanya untuk dua orang. Di bawah kap, Saab menggunakan mesin bensin spesial, turbocharged yang menawarkan hingga 175 hp. Itu dipasangkan dengan manual lima kecepatan atau otomatis tiga kecepatan.