Jika seseorang akan memasukkan blender platform Italia, mesin GM, dan desain Giorgetto Giugiaro, hasilnya akan menjadi Swedia. Dan itu adalah saab 9000 cs. 9000 diperkenalkan pada tahun 1984 tetapi ditingkatkan pada tahun 1991. Upgrade ini sangat intensif sehingga dapat dinamai generasi baru. Tapi itu adalah desain eksterior yang menunjukkan koneksi dengan model 1984. Saab 9000 berbagi beberapa panel tubuhnya dengan Fiat Croma dan Lancia Thema. Pintunya identik. Hanya gagang pintu yang berbeda. Tapi di situlah komponen bersama berakhir. Mobil Sweedish menampilkan front ramping dengan lampu depan horizontal yang cocok dengan bahasa desain perusahaan. Di belakang, versi A.S. tidak menampilkan lampu di liftgate, karena peraturan tidak memungkinkan lampu rem pada mereka. Pada model-model Eropa, dua lampu belakang terhubung melalui strip lampu merah di panel belakang. Di dalam, Saab 9000 menampilkan dasbor tertentu dengan konsol tengah besar dimiringkan ke arah pengemudi. Fungsi panel malam mematikan semua lampu pada cluster instrumen dan hanya menyalakan speedometer yang menyala. Seperti biasa, kunci pengapian ditempatkan di antara kursi depan, di sebelah rem tangan, dan tongkat roda gigi. Di belakang, ada cukup ruang untuk tiga penumpang dewasa. Saab dikenal karena mesin bertenaga turbo-nya dan, pada tahun 1992, ia memperkenalkan unit turbocharged 2,3 liter yang menawarkan kinerja sport-cars dalam kendaraan berorientasi keluarga.