Kursi memperkenalkan versi facelifted untuk Ibiza pada tahun 1996, tiga tahun setelah meluncurkan generasi kedua dari kendaraan segmen kecil. Meskipun didasarkan pada platform Golf MK3 Volkswagen, Ibiza memiliki lebih banyak kesamaan dengan polo. Sizewise, itu duduk di antara dua sepupu Jerman. Layak disebutkan bahwa itu adalah mobil pertama yang dikembangkan oleh merek Spanyol di bawah kepemilikan Volkswagen, dan itu mudah diperhatikan tentang kualitas materi dan solusi teknis. Kursi sedikit mengubah eksterior Ibiza 1996 tetapi cukup untuk membedakan dirinya dari versi non-facelifted. Di depan, pembuat mobil memasang bumper baru dengan opsi untuk lampu kabut kuadrat. Kusen sisi hitam melanjutkan apron depan di samping, menciptakan ilusi profil yang lebih ramping. Seperti di bagian depan, bumper belakang kehilangan karet gelang hitam. Versi sportiest, bernama Cupra Sport GTI 2.0-liter 16-Valves, menampilkan papan nama terpanjang di rentang kursi dan memakai spoiler atap lebar di atas bak truk. Di dalam, tergantung pada versi mesin dan level trim, Ibiza menampilkan dua kursi ember di depan yang dibawa dari Polo. Mereka menawarkan penguat sisi kecil untuk versi dasar tetapi dengan profil sporty untuk tingkat trim atas. Panggilan hitam di cluster instrumen menunjukkan desain sederhana, mudah dibaca dan dipahami, dengan huruf merah. Untuk olahraga Cupra, kursi dipasang dial putih. Di bawah kap, pembuat mobil Spanyol memasang berbagai mesin baru, yang memenuhi standar emisi Euro 2, yang menjadi wajib pada Januari 1997.