Skoda memperkenalkan 100 seri pada tahun 1969 sebagai penggantian untuk kisaran 1000 dan membantu pembuat mobil Ceko menjual lebih dari satu juta unit hanya dalam delapan tahun. Waktu singkat berlalu belum menyembuhkan luka musim semi Praha ketika Cekoslowakia mengangkat terhadap sistem komunisme, tetapi pabrik-pabrik harus melanjutkan pekerjaan mereka. Skoda sudah punya rencana untuk mobil baru dan menjaga janjinya. Fascia depan Skoda memakai panel metalik dan dua lampu depan di bagian depan. Radiatornya ada di belakang, jadi tidak perlu grille untuk mendinginkannya. Seperti pendahulunya MB1000, MB100 menggunakan bumper logam chrome dengan perlindungan karet vertikal. Di belakang, sisi samping-asupan untuk mendinginkan mesin berada di atas lengkungan roda belakang. Di belakang, di bawah lampu belakang yang dipasang secara horizontal, pembuat mobil memasang grille lebar dan sempit yang membantu mendinginkan mesin. Karena tidak ada mesin atau tunnel transmisi, pembuat mobil dapat membuat interior yang luas cocok untuk lima penumpang. Kompartemen bagasi yang dipasang di depannya tidak terlalu besar, tetapi itu cukup baik untuk beberapa koper. Carmaker memasang panel dasbor yang sedikit melengkung, dengan cluster instrumen yang dipasang di belakang setir. Speedometer luasnya diapit oleh beberapa pengukur lain untuk bahan bakar, suhu pendingin, tekanan minyak, dan ammeter. Skoda membangun MB100 dengan ide yang sama dengan pendahulunya. Unit 1.0 liter atau 1,1 liter ditempatkan secara longitudinal di belakang dan mengirim daya ke roda belakang melalui gearbox manual empat percepatan. Suspensi independen di semua sudut mengubah mobil Cekoslowakia menjadi salah satu sedan keluarga paling nyaman yang dibangun di Eropa Timur.