Toyota memperkenalkan generasi kesembilan dari Corolla di Jepang pada tahun 2000, tetapi butuh mobil dua tahun untuk membawanya ke dalam A.S. Corolla sudah menjadi papan nama terlaris di antara mobil penumpang di dunia. Elemen-elemen kuncinya adalah kesederhanaan dan keandalan. Itu adalah kendaraan yang sangat user-friendly. Corolla 2002 mencoba menyingkirkan lelucon yang lebih tua mengenai penampilannya, dan desainer Toyota berhasil memberikan mobil penampilan yang lebih baik. Corolla 2002 tidak hambar lagi. Lenggatnya yang miring dengan lensa yang jelas dan bumper depan yang tampak sportier membuatnya bersaing dengan mobil jepang lainnya. Pembuat mobil itu menawarkan corolla dengan rok samping dan sayap kecil di tutup bagasi pada level trim atas. Meskipun tidak terlihat sporty seperti yang dicoba, itu tampak lebih sporty daripada saudara-saudaranya. Di dalam, roda kemudi tiga-berbicara dan beberapa trim kayu di dasbor membuat Corolla terlihat sedikit kelas atas, meskipun tidak. Garis melengkung dan konsol tengah yang lebih tinggi membagi area depan menjadi dua. Pembuat mobil memasang panggilan putih di dalam cluster instrumen untuk level trim olahraga dan mengganti trim kayu dengan plastik hitam. Di bawah kap, Toyota memasang mesin baru dengan sistem timing katup variabel yang membawa lebih banyak daya ke empat-pot 1,8 liter. Sementara versi dasar menyediakan 135 HP dari unit non-VVTI, bagian atas kisaran menampilkan pabrik 164 HP untuk membawa lebih banyak kegembiraan bagi pengemudi.