Sementara pasar stasiun-wagon sedang turun dan membuat ruang untuk generasi crossover baru, Toyota bersikeras membangun gerobak Corolla dan faceliftnya pada tahun 2004. Toyota memperkenalkan generasi kesembilan Corolla pada tahun 2000, dan empat tahun kemudian, itu disegarkan seluruh jajaran. Kendaraan kompak tersedia sebagai hatchback dengan tiga dan lima pintu, sedan, dan gerobak stasiun. Yang terakhir tersedia di pasar tertentu dan terbukti menjadi pilihan yang baik bagi pelanggan mencari kendaraan yang terjangkau tetapi luas. Dari luar, gerobak Corolla menyimpan gambar depan yang sama dengan sisa kisaran. Carmaker merancang bumper baru dengan sisi bawah dan lampu kabut bundar yang berbeda alih-alih persegi panjang yang digunakan pada versi non-facelifted. Yang diperlukan untuk mematuhi peraturan perlindungan pejalan kaki yang baru. Dari samping, mobil memiliki bentuk yang sama dengan versi non-facelift, dan roof-rails dipasang sebagai standar. Di dalam, ada beberapa perubahan untuk dasbor, yang menampilkan warna yang berbeda. Pembuat mobil Jepang memasang roda kemudi baru dengan tombol yang dipasang di kiri berbicara alih-alih sisi bawah. Berkat bangku lipat-split di belakang, bagasi bisa diperluas dari 402 liter (14,2 cu-ft) hingga 1480 liter (52,3 cu-ft). Di bawah kap, Toyota memasang mesin baru, Euro4 untuk pasar Eropa dan menambahkan unit turbodiesel baru, 1,4 liter.