Setelah kegagalan Fiat X1 / 9 dan Porsche 914, Toyota mencoba otot-ototnya dengan mesin menengah, mobil ringan, mobil sport untuk massa. Itu adalah gen pertama MR2, diluncurkan pada tahun 1984. Meskipun nama yang tidak terinspirasi, itu berarti: mesin menengah, roda belakang, 2 kursi, MR2 dijual dengan baik di seluruh dunia. Di negara-negara berbahasa Prancis, itu hanya dinobatkan Mr, karena MR2 terdengar sangat dekat dengan kata "Merde" (Go-Ahead, Google IT). Tetapi mobil adalah kebalikan dari itu. Bentuknya berbentuk boxy dengan bukan garis lengkung dalam bodywork entah bagaimana dihargai oleh pasar. Di pertengahan '80-an, Toyota memiliki berbagai macam mobil sport atau sporty dan MR2 adalah entry-level. Lampu pop-upnya, kabin kecil, dan dek pendek membuatnya menarik bagi pasar. Karena itu sangat ringan, gesit dan sangat hemat bahan bakar. Mesin kecil ini menampilkan sistem injeksi bahan bakar, yang menyebabkan output daya yang baik. Di dalam, ada ruang untuk dua penumpang, seperti namanya dijanjikan, dan tidak lebih. Di belakang kursi tidak ada apa-apa, tetapi setidaknya atap menampilkan panel kaca yang dapat dilepas. Dasbor yang dipasang rendah dengan cluster instrumen kecil dirancang menjadi gaya minimalis. Mesin yang paling umum adalah unit 1,6 liter yang dilakukan dari Corolla. Ini menampilkan injeksi bahan bakar elektronik yang dipasok oleh Denso dan variabel camshaft intake. Itu dikawinkan sebagai standar untuk manual 5-speed, tetapi otomatis 4-kecepatan berada pada daftar opsi.