Golf GTD melangkah ke sepatu saudaranya dan menjadi ikon Hot-Hatch di antara para penggemar diesel di seluruh Eropa. Itu cepat, hemat bahan bakar, dan dengan torsi terhormat untuk ukurannya. Golf GTD pertama diperkenalkan pada tahun 1982 dan itu hanya menawarkan 70 HP, yang sekitar 45 kurang dari pada GTI. Tetapi idenya diterima dengan baik oleh publik. Ini menawarkan kesenangan yang cukup pada fraksi biaya untuk bahan bakar. Pada 2013, GTD menawarkan daya lebih sedikit tetapi lebih torsi daripada versi GTI yang banyak diakui. Desain luar adalah golf instan yang dapat dikenali. Ada beberapa detail kecil untuk membedakannya. Di bagian depan, ada garis merah yang pergi melintasi gril dan dilanjutkan di dalam lampu depan. Bumper depan yang lebih besar termasuk beberapa sendok udara dan gril yang sempit memiliki desain mesh honeycomb. Kusen-sisi aerodinamis membuat mobil terlihat lebih sporty, dan begitu pula atap belakang-spoiler. Karena bodywork 3 pintu, penampilan Hot-Hatch diberikan. Itu naik pada standar 17 "roda paduan cahaya. Di belakang, itu menampilkan knalpot kembar di satu sisi. Di dalam, ada beberapa isyarat desain klasik dan beberapa sentuhan modern. Versi tiga pintu menampilkan pintu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan 5 -Door versi, tetapi menawarkan interior lapang yang sama untuk kursi belakang. Panel instrumen meskipun itu modern, dengan putaran besar untuk speedometer dan tachometer. Di antara keduanya ada layar LCD kecil untuk komputer on-board. Infotainment Unit berada di konsol tengah dan itu dapat menampilkan sistem navigasi. Suspensi independen semua roda dan peredam adaptif opsional membuat mobil ditanam di jalan. Dan itu adalah suatu keharusan, mengingat mesin turbodiesel 2.0 liter di bawah kap mesin.