Hanya satu bulan setelah produksi Polo 1 berakhir, Polo 2 dirilis ke publik. Ini menampilkan desain baru, yang menggabungkan hatchback dengan station wagon. Tapi itu tidak semua. Generasi kedua tersedia dalam bentuk lebih banyak bentuk tubuh seperti "Squareback", yang menggabungkan coupe dengan stasiun-wagon, coupe dengan pilar-C Rake, dan sedan dengan dua pintu bernama Derby. Itu ditawarkan dalam tiga level trim dan spesifikasi top dan GL menampilkan drivetrain yang dilakukan dari generasi pertama. Pada tahun 1990, facelift utama, bernama 2F Polo, diluncurkan di pasaran. Mobil itu benar-benar dirombak dan menampilkan lampu depan dan interior baru dengan desain dasbor yang terinspirasi oleh passat yang lebih besar. Itu adalah pertama kalinya ketika Polo menerima rem kekuasaan. Interior dimulai dengan kain sederhana dalam satu warna dan dashboard hitam. Untuk level CL dan GL trim, ada jenis pelapis yang berbeda dan dasbor biru. Mobil ini menampilkan stereo dan kaca spion samping. Pada tahun 1981, Polo dilengkapi dengan mesin kecil, 1- dan 1.1 liter. Kemudian, mobil itu dilengkapi dengan unit yang lebih besar. Versi sportiest adalah Polo GTG40 yang menampilkan mesin 1.3 liter supercharged yang meningkatkan hingga 115 hp. Itu adalah mobil tercepat dari ukurannya di pasaran, mendapatkan rekor dunia 129 mph (207,6 kpj) lebih dari 24 jam. Polo 2F seri terakhir diluncurkan dari jalur pabrik di Pamplona pada Agustus 1994.