Dengan menggunakan unit daya yang sama dengan beberapa saudara laki-lakinya yang lebih besar dari keluarga "R", Volkswagen T-ROC R adalah penampilan yang funky secara tak terduga di lautan persilangan Volkswagen modern yang agak hambar. Sejauh ini CUV kecil yang paling kuat di lineup VW, T-ROC R juga terlihat bisnis, tidak benar-benar mengambil tampilan yang sederhana seperti beberapa model "R" lainnya di stabil Volkswagen. Mesin empat silinder turbocharged, 2.0 liter mengembangkan 300 tenaga kuda yang lebih memadai dan torsi tidak kurang dari 400 nm. Dipasangkan sebagai standar dengan transmisi kopling ganda DSG 7-kecepatan dan 4motion all-wheel-drive, unit ini mampu mempercepat T-ROC R dari 0 hingga 100 kpj (62 mph) hanya dalam 4,8 detik, sedangkan top crossover Kecepatan dibatasi secara elektronik hingga 250 kpj (155 mph). Volkswagen tampaknya tidak memotong sudut mana pun ketika datang ke peralatan, dengan model yang tersedia dengan berbagai elemen assist mengemudi, termasuk assist kemacetan lalu lintas, peringatan lalu lintas belakang, dan pembuatan darurat otonom yang otonom. Agak mengejutkan dan pasti tidak seperti model R yang lebih lama, sistem cam kontrol stabilitas (ESC) elektronik dinonaktifkan oleh pengemudi. Insider ada layar sentuh TFT 8-inci sebagai fitur standar, dan dapat dipasangkan dengan kokpit digital multi-warna opsional yang ditemukan pada model vag lainnya.