Ketika Volvo mengakuisisi Divisi Mobil DAF, itu adalah kejutan yang menyenangkan: para insinyur Belanda sudah memiliki rencana untuk mobil kompak baru yang lahir sebagai seri Volvo 300. DAF kehilangan uang dengan rentang mobilnya dan menyingkirkannya di awal tahun 70-an. Di sisi lain, Volvo membutuhkan pabrik di dalam komunitas ekonomi Eropa (EEC) untuk menjual kendaraannya tanpa biaya khusus. Berkat kesepakatannya, itu menghasilkan seri 300 di Belanda, di mana DAF digunakan untuk membuat mobilnya. 345 diperkenalkan pada tahun 1976 di segmen kompak. Desainnya dipengaruhi oleh platform roda belakang dan membuat mobil bergerak ke belakang. Mata airnya mudah ditemukan di bawah panel perempat belakang. Sebagian besar garisnya lurus, tetapi desain keseluruhan yang dibayangkan oleh Bertone dihargai oleh pelanggan. Menurut sistem penamaan Volvo, itu adalah seri 3 dengan mesin 4 silinder dan 5-pintu (hatchback). Di dalam, karena terowongan transmisi dan wheelbase pendek, hampir tidak ada ruang untuk lima orang dewasa untuk perjalanan panjang. Tetapi dikelola untuk menggunakan di dalam kota. Desain dashboard dan cluster instrumen yang tampak persegi adalah bagian dari bahasa desain merek, dan sepertinya tidak jauh dari kecepatan. Di bawah tenda, 345 menampilkan pilihan dua mesin. 1.4-liter dipasok oleh Renault, sedangkan Volvo mengembangkan unit 2,0 liter di rumah. Keduanya dipasangkan dengan transmisi manual 4-kecepatan.