window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun

Harry · 10 Apr, 2023 09:30

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 01

Ragam motor matic yang irit.
  • Rata-rata pakai mesin 110-115 cc.
  • Hasil pengetesan internal redaksi Autofun.co.id.
  • Pakai metode full to full.

Musim mudik akan berlangsung tak lama lagi, perjalanan jauh menuju kampung halaman tahun ini rasanya akan kembali semarak, setelah beberapa waktu lalu dihantam pandemi. Motor matic yang irit macam Honda BeAT (Spesifikasi | Berita) pasti jadi favorit.

Ya, tahu sendiri kala musim mudik, antrian di SPBU akan mengular panjang. Tentunya motor yang irit akan membuat kita lebih jarang mampir SPBU untuk isi bahan bakar.

Nah, berikut tim Autofun.co.id. kumpulkan daftar motor matic irit berdasarkan hasil pengetesan internal kami dari unit yang sudah pernah kami test ride lengkap! Jadi kalau ada motor yang tak masuk daftar, artinya belum pernah kami tes lengkap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kemudian hasil pengetesan pakai BBM oktan 92 dan metode full to full ya, bukan berdasarkan informasi pada spidometer. Nah, ada apa saja pilihannya ya?

Baca juga : Pilihan Naked Bike 150 Cc Buat Mudik, Ada yang Dibawah Rp 30 Juta!

Honda BeAT

Salah satu yang bikin motor ini laris adalah konsumsi bensinnya yang irit, disamping desain ramping dan harga yang bisa dijangkau banyak orang. Honda BeAT memang sudah dikenal akan hal tersebut.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 01

Honda BeAT 2023.

Mengusung mesin eSP, dari hasil pengetesan dengan metode full to full bisa menyentuh angka 52,9 km/liter. Dengan tangki 4,2 liter maka motor ini bisa melaju sampai 200 km lebih untuk sekali pengisian.

Honda Vario 125

Butuh yang lebih besar dan bertenaga, maka Honda Vario 125 (Spesifikasi | Berita) bisa dipilih. Model terbarunya masih usung mesin eSP yang identik dengan generasi sebelumnya.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 02

Honda Vario 125 generasi terbaru.

Gak berubah banyak karena tenaganya pas tapi tetap bisa irit. Hasil pengetesan pakai metode full to full bisa tembus 45,7 km/liter lho! Tangkinya sendiri 5,5 liter! Bisa 250 km lebih sekali isi!

Yamaha Gear 125

Geser kepasukan Yamaha yakni Gear 125 nih. Pakai mesin Blue Core yang karakter tenaganya enak dan kuat buat nanjak-nanjak. Gak heran jadi andalan matic entry level pabrikan garputala.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 03

Yamaha Gear 125.

Hasil pengetesan internal bisa sampai 47 km/liter. Dan dengan bermodalkan tangki 4,2 liter, maka motor ini bisa jadi jarang mampir SPBU buat minta minum ya. 

Baca juga : Lebih Murah dari Mio M3, Harga Yamaha NMax Old Bekas Cuma Belasan Juta!

Yamaha Fazzio

Usung teknologi Blue Core Hybrid, yang bisa bantu efisiensi bahan bakar nih. Yamaha Fazzio (Spesifikasi | Berita) juga boleh masuk list motor matic irit buat mudik. 

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 04

Yamaha Fazzio.

Angka 50,4 km/liter jadi bukti kalo memang motor ini irit. Dan bermodalkan tangki 5,1 liter, sekali isi full tank bisa tembus sampai 250 km lebih tuh! Mantepkan?

Suzuki Nex Crossover

Mengincar motor matic bergaya adventure dengan setang telanjang, coba lirik Suzuki Nex Crossover ini bro. Soal minumnya mesin motor ini pun masih tergolong irit kok, tembus 45 km/liter.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 05

Suzuki Nex Crossover.

Cuma yang jadi catatan, tangki bahan bakarnya terhitung kecil, cuma 3,6 liter dan bisa menempuh jarak 150 km lebih. Ya walau tangkinya kecil, tapi ongkos beli bensinnya masih tetap hemat kok.

Baca juga : Cek Cicilan Honda CRF250L di Jakarta, Mulai Rp 3 Jutaan Aja!

Benelli Panarea 125

Motor matic yang anti mainstream dengan gaya retro modern-nya yang menggoda, ini dia Benelli Panarea 125. Bermodalkan mesin 125 cc jelas lebih bertenaga dan kuat untuk berakselerasi.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 06

Benelli Panarea.

Catatan konsumsi bensinnya tembus 43,5 km/liter serta punya tangki 4,6 liter nih. Lumayan, sekali full tank bisa tembus 200 km jarak maksimalnya. Asyik dong?

Honda Genio 

Masih dengan motor matic stylish, opsi berikutnya ada Honda Genio (Spesifikasi | Berita) yang bermesin eSP. Tampang motor ini pun belum lama kena update jadi terlihat lebih modern.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 07

Honda Genio.

Nah, urusan minum bensinnya ternyata mencengangkan lho, bisa tembus 52,6 km/liter! Dan dengan tangki 4,2 liter maka jarak yang bisa ditempuh pun tembus 200 km lebih.

Yamaha FreeGo 

Baru bersolek, motor matic satu ini jelas tak boleh dilewatkan. Selain bodinya yang baru, motor ini juga punya bagasi yang sebesar Yamaha NMax (Spesifikasi | Berita), jadi pas banget buat mudik.

Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun 08

Yamaha FreeGo terbaru.

Dibekali mesin Blue Core 125 cc, konsumsi bensinnya mencapai 45,9 km/liter dengan tangki 4,2 liter. Lumayan nih, sekali isi full tank bisa jalan sejauh 192 km.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });