window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alasan Tidak Memilih Toyota Kijang Innova Diesel Saat Ini, Pikir Lagi Sebelum Membeli

Enda · 6 Jun, 2024 15:00

Kekurangan Toyota Kijang Innova diesel

Toyota Kijang Innova diesel baik model lawas maupun generasi kedua dengan julukan Reborn hingga kini masih banyak diminati kondisi bekasnya.

Selain dianggap lebih irit bahan bakar, alasan lain Innova diesel bekas masih banyak diburu diantaranya karena lebih mudah dari segi perawatan, torsi melimpah, harga jual stabil serta aman mengkonsumsi solar jenis Bisolar.

Menilik sejarahnya, Kijang Innova sejatinya merupakan generasi kelima dari Toyota Kijang di Indonesia yang debut September 2004.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bisa dibilang ini adalah tonggak bergantinya karakter dari Toyota Kijang. 

Sebab sejak namanya berubah jadi Kijang Innova, mobil ini seakan naik kelas jadi MPV mewah kelas menengah, desain fisiknya juga lebih modern dan premium.

toyota kijang innova diesel

Innova generasi pertama

Generasi pertama Innova ini disodorkan dalam dua pilihan mesin, pertama mesin bensin 2.000 cc 1TR-FE dari generasi sebelumnya tapi pakai teknologi VVT-i.

Adapun pilihan mesin kedua adalah diesel berkapasitas 2.500 cc dengan kode 2KD-FTV lengkap dipersenjatai Turbocharger Common Rail yang dinamai Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection (D4D).

Kemudian di Agustus 2008 muncul facelift pertama dari dari Kijang Innova di Indonesia, yang mencakup redesain bumper depan dan belakang, grille depan dan lampu belakang.

Selanjutnya hadir lagi facelift kedua pada Juli 2011 yang mengalami revisi pada kap mesin, fender depan, lampu utama dan lampu belakang, grille depan, dan model velg baru. 

Sisi interior mendapat ubahan pada lingkar kemudi, desain kenop kontrol AC dan revisi pada dashboard sisi tengah.

Lantas pada Agusus 2013 muncul lagi facelift ketiga dari Innova generasi pertama, dengan perubahan pada bumper dan gril depan, serta penambahan fitur Dual SRS Airbags.

toyota kijang innova diesel

Innova Venturer

Pasca mengalami facelift tiga kali, barulah PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan generasi kedua dari Kijang Innova yang mendapat julukan Innova Reborn.

Untuk varian mesin bensin masih tetap pakai engine berkode 1TR-FE, namun untuk mesin diesel pakai kode 2GD-FTV berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan kapasitas 2.400 cc.

Tahap awal, Toyota Innova Reborn ditawarkan dengan varian G, V, dan Q, namun kemudian muncul varian Innova Venturer yang jadi tipe termahal dari Toyota Kijang Innova.

Innova inilah yang masih dijual oleh Toyota Indonesia sampai akhirnya diganti Kijang Innova Zenix sebagai Toyota Kijang generasi ketujuh.

Punya banyak keunggulan, tentu mobil ini juga memiliki sejumlah kekurangan.

Berikut ini alasan Toyota Kijang Innova diesel tidak cocok dipilih bagi sebagian orang.

Baca juga: Toyota Kijang Innova EV Sudah Jadi Mobil Antar Jemput Tamu Hotel di Bali

1. Harga Bekas Mahal, Toyota Kijang Innova Diesel Gen 1 Pelit Fitur

toyota kijang innova diesel

Innova generasi pertama masih banyak peminatnya

Harga Toyota Kijang Innova diesel bekas  lansiran awal 2005 hingga kini masih di angka Rp160 jutaan.

Meskipun punya harga seken yang terbilang stabil, untuk fiturnya mobil ini masih sangat sedikit.

Seperti diketahui, fitur berupa ABS, EBD dan dual airbags baru bisa dijumpai di tipe V.

Selain minim fitur keselamatan, tipe G ke bawah untuk keamanan berkendara masih mengandalkan alarm system belum menggunakan immobilizer pada kuncinya.

Baca juga: Data Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV Terungkap, Harga di Atas Rp1 Miliar

2. Mesin Gampang Pincang

Kekurangan Toyota Kijang Innova diesel

Mesin 2KD Toyota Kijang Innova diesel gen 1

Bagi kalian yang menginginkan Kijang Innova diesel dengan harapan lebih irit bahan bakar karena bisa menggunakan Biosolar, ada baiknya kembali berfikir ulang.

Penggunaan Biosolar secara terus menerus tanpa mendapat perawatan khusus seperti penggantian filter solar serta pembersihan dan pengecekan pompa solar secara teratur dapat menyebabkan endapan lumpur yang terkandung di dalam solar masuk ke ruang bakar.

Apabila gejala endapan lumpur dibiarkan masuk, dampak yang bisa ditimbulkan dapat mengalami sumbatan pada injector.

Injector yang tersumbat tidak bisa menyemprotkan solar secara maksimal di dalam ruang bakar.

Dengan begitu mengakibatkan mesin menjadi pincang saat menyala serta tenaga yang dihasilkan jadi lebih tidak maksimal.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Reborn Ternyata Masih Bisa Dipesan, Ada Varian Mesin Bensin dan Diesel

3. Andalkan Timming Belt, Rawan Mati di Tengah Jalan

Kekurangan Toyota Kijang Innova diesel

Timing belt Kijang Innova diesel

Untuk menjalankan mesin, Kijang Innova diesel membutuhkan timing belt guna menggerakan crankshaft  dan camshaft dalam proses pembakaran.

Material utama yang digunakan pada timing belt sendiri adalah karet.

Sabuk karet ini sewaktu-waktu dapat putus apabila pemilik tidak rajin melakukan pengecekan maupun perawatan.

Apabila timing belt putus secara tiba-tiba disaat mesin menyala, tentu dapat mengakibatkan mesin mati serta kersuakan komponen lain di dalam mesin.

Menurut mekanik, untuk penggantian timing belt Toyota Kijang Innova diesel disarankan setelah mobil baru menempuh jarak 150.000 Km.

Selanjutnya timing belt diganti setiap kelipatan 100.000 km.  

Baca juga: Toyota Kijang Innova Reborn Ternyata Masih Bisa Dipesan, Ada Varian Mesin Bensin dan Diesel

4. Menggunakan Power Steering Hidrolik

Kekurangan Toyota Kijang Innova diesel

Power steering rembes

Berbeda dengan mobil Toyota umumnya lansiran tahun 2000 ke atas yang sudah menggunakan Electronic Power Steering (EPS), untuk sistem kemudi Kijang Innova diesel masih mengandalkan power steering hidrolik dengan memanfaatkan tekanan fluida. 

Power steering dengan sistem hidrolik sendiri rentan mengalami kebocoran di bagian seal, rack steer dan pompa setelah beberapa tahun pemakaian jika jarang dilakukan pengecekan atau perawatan secara berkala.

Kelemahan lainnya, power steering hidrolik lebih membebani kinerja mesin sehingga tenaga yang dihasilkan berkurang.

Baca juga: Harga Bekas Sama, Pilih Toyota Toyota Innova Venturer atau Kijang Innova G?

5. Muncul Hentakan di Transmisi

Kekurangan Toyota Kijang Innova diesel

Transmisi matic Innova diesel

Kijang Innova diesel Reborn lansiran awal kerap dikeluhkan pemiliknya lantaran timbul hentakan di bagian transmisi khusus varian matic.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa pemilik dan bengkel menyarankan untuk seringkali melakukan reflushing oli transmisi supaya perpindahan giginya lebih lancar.

Oh iya, mesin diesel Kijang Innova dengan kode 2KD juga menghasilkan suara serta getaran mesin lebih besar di dalam kabin.

Untuk kalian yang menyukai kesenyapan serta kenyamanan berkendara, Innova diesel gen 1 tidak cocok untuk dimiliki dan dikendarai.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova diesel meskipun menjadi salah satu pilihan utama dalam segmen mobil keluarga di Indonesia, tidak luput dari beberapa kekurangan yang patut diperhatikan. 

Satu diantaranya adalah harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya dalam segmen yang sama, sementara fitur-fitur yang ditawarkan terbilang pelit. 

Meskipun secara keseluruhan Innova menawarkan kualitas yang solid, namun kurangnya fitur-fitur modern bisa menjadi kekurangan yang dirasakan oleh konsumen yang mengharapkan lebih banyak dari mobil keluarga mereka.

Masalah lain yang sering kali dihadapi oleh pemilik Innova diesel adalah masalah pada mesin yang cenderung gampang pincang, terutama pada beberapa unit yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, kerentanan timming belt yang rawan putus juga menjadi masalah tersendiri yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil ini.

Ketika timming belt putus, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin yang berujung pada biaya perbaikan yang cukup besar.

Selain itu, Innova Diesel masih menggunakan power steering hidrolik, yang meskipun cukup efektif dalam memberikan kemudi yang responsif, namun terkadang dapat menambah beban pada mesin.

Transmisi mobil ini juga terkadang dikeluhkan karena cenderung menghentak, terutama saat berakselerasi atau melakukan perpindahan gigi.

Meskipun memiliki sejumlah kekurangan, namun Toyota Kijang Innova Diesel tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak keluarga di Indonesia karena reputasi kehandalan dan performa yang diakui.

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil