window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Chery Omoda E5 Digeber Jakarta - Mandalika, Butuh Berapa Kali Ngecas Baterai?

Prasetyo · 6 Mei, 2024 08:10

chery omoda e5 mandalika

Chery Omoda E5 sukses membuktikan ketangguhannya setelah mengikuti kegiatan EV Journey Jakarta-Mandalika yang digagas oleh PLN Icon Plus pada 21-24 April 2024. 

Keikutsertaan mobil listrik ini merupakan komitmen Chery dalam mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, terutama pada sisi fasilitas pengisian daya yang akan berpengaruh langsung kepada kepuasan pengalaman konsumen dalam mengendarai kendaraan listrik.

Pada kegiatan tersebut, Chery berhasil memberikan pembuktian kemampuan jarak tempuh baterai dari Omoda E5 yang didukung dengan infrastruktur pengisian ulang daya di sepanjang rute perjalanan dengan total jarak 1.375 Km.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

chery omoda e5 mandalika

Jadi peserta EV Journey Jakarta-Mandalika oleh PLN Icon Plus

"Chery mendukung inisiatif dari PLN Icon Plus dalam upayanya memperlihatkan kesiapan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Bagi kami, kesempatan ini sangat penting agar edukasi kepada masyarakat mengenai kendaraan listrik dapat berlangsung dengan komprehensif," kata Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia (CSI) melalui keterangan tertulisnya, Minggu(05/05/2024).

Ia juga menegaskan, partisipasi Chery Omoda E5 di dalam perjalanan ini sukses membuktikan bahwa baterai yang digunakan pada mobil listrik tersebut dapat menempuh jarak jauh dan penggunanya bisa menggunakan mobil ini tanpa hambatan. 

Baca juga: 4 Keunggulan Chery Omoda E5 Ini Bikin Konsumen Cepat Beralih ke Mobil Listrik

Chery Omoda E5 Lakukan 5 Kali Isi Daya Baterai

chery omoda e5 mandalika

Finish di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB

Dalam perjalanan ini Chery, kata Rifkie, juga sekaligus ingin membuktikan klaim hasil uji jarak tempuh baterai Omoda E5 yang bisa mencapai 430 KM sesuai pengujian WLTP dan 505 KM dengan pengujian NEDC.

Kemampuan jarak tempuh dan daya tahan baterai milik Omoda E5 ini kemudian digunakan melalui rute dari Jakarta menuju Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk kemudian finish di Sirkuit Mandalika dengan total jarak yang ditempuh sepanjang 1.375 Kilometer (km).

Dalam pengujian tersebut juga memperlihatkan kapan saja pengisian ulang (charging) baterai perlu dilakukan dan berapa lama waktu yang diperlukan, sehingga dapat memberikan gambaran efisiensi perjalanan.

chery omoda e5 mandalika

Omoda E5 sudah memiliki kemampuan pengisian daya baterai cepat

Pada perjalanan dari Jakarta menuju Mandalika, Chery Oomoda E5 melakukan lima kali pengisian baterai dengan rincian sebagai berikut:

  • SPKLU 1: Rest Area 228A Tol Kanci-Pejagan dengan pengisian baterai mulai dari 47%-100% selama 40 menit menggunakan DC 200 kw.
  • SPKLU 2: Rest Area 519A Tol Sragen dengan pengisian baterai mulai dari 18%-80% selama satu jam 49 menit menggunakan DC 25 kw.
  • SPKLU 3: Rest Area 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dengan pengisian baterai mulai dari 15%-40% selama 20 menit menggunakan DC 50 kw. 
  • SPKLU 4: Mall Surabaya dengan pengisian baterai mulai dari 30%-100% selama 50 menit dengan menggunakan DC 60 kw. 
  • SPKLU 5: Situbondo dengan pengisian baterai mulai dari 47%-100% selama 40 menit menggunakan DC 200 kw.

Sebagai catatan, saat tiba di Lombok dari pengisian baterai terakhir di Situbondo, kondisi baterai  memperlihatkan masih 42%, setelah menempuh perjalanan 178 km.

Sisa baterai tersebut pun kemudian masih mampu menempuh perjalanan hingga garis finish di Sirkuit Mandalika.

chery omoda e5 mandalika

Jakarta-Mandalika butuh 5 kali ngecas baterai

Pada kelima titik pengisian baterai Chery Omoda E5, tim yang berangkat berusaha untuk menjaga kesehatan baterai dengan menjaga kondisi baterai tidak kurang dari 30%. 

Chery OMODA E5 telah memberikan pembuktian bahwa Crossover SUV listrik ini sangat cocok untuk perjalanan jauh melintasi Pulau Jawa hingga Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. 

"Sama halnya dengan kendaraan berbahan bakar minyak, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh kita harus mempelajari kendaraan dan membuat rencana perjalanan. Untuk mobil listrik, kita harus tahu kapasitas baterai mobil, lokasi pengisian baterai, dan memastikan saldo pada aplikasi SPKLU sudah terisi agar memastikan perjalanan dengan jarak jauh bisa nyaman dengan menggunakan kendaraan listrik," beber Rifkie.

Baca juga: Chery Omoda E5 2024 Diborong Pejabat Sampai Artis Indonesia

Harga dan Spesifikasi Chery Omoda E5

chery omoda e5 mandalika

Mobil listrik pertama Chery di Indonesia

Sebagai mobil listrik pertama dari Chery Indonesia, Omoda E5 memang mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.

Bahkan hingga akhir April 2024, jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk mobil ini yang dikantongi Chery sejak resmi dijual pada Februari 2024, sudah mencapai 3.600 unit.

Sebagai representasi SUV yang cocok untuk kaum urban, Omoda E5 menawarkan tampilan yang stylish, dimensi yang kompak, serta kekuatan baterai dan motor listrik yang ideal untuk penggunaan sehari-hari di kota besar maupun liburan di akhir pekan. 

Dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm, dan wheelbase 2.630 mm, Chery Omoda 5 versi EV ini memiliki dimensi serupa dengan varian mesin konvensional.

chery omoda e5 mandalika

Kabinnya ada nuansa biru

Selain aspek eksterior dan interior yang menawan, Omoda E5 juga menonjolkan berbagai fitur dengan teknologi terkini.

Misalnya di area kabin terdapat layar sepanjang 24,6 inci dalam mode floating yang bertugas sebagai head unit entertainment dan juga meter cluster buat pengemudi.

Kemudian ada juga fitur Car Link O, yang memungkinkan pengguna menggunakan smartphone mereka untuk mengontrol berbagai aspek kendaraan. 

Melalui Car Link O, pengguna Omoda E5 dapat dengan mudah mengakses informasi seperti Battery Health Care, Chery Safety Care, Smart Charging, Climate Control, dan Driving Behavior Report.

​ ​ Kabinnya ada nuansa biru  ​

Terbukti sanggup dibawa jarak jauh

Mobil ini dilengkapi dengan perangkat keselamatan aktif yang lengkap, mulai dari 6 airbags untuk meminimalkan risiko cedera akibat benturan keras.

Selain itu, terdapat juga Driver Monitoring System dan 14 sistem ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Fitur tersebut antara lain mencakup: 

  • Autonomous Emergency Brake (AEB)
  • Drive Away Warning (DAW)
  • Rear Cross Traffic Alert (RTA)
  • Integrated Cruise Assist (ICA)
  • Traffic Jam Assist (TJA)
  • Front Collision Warning (FCW)
  • Blind Spot Warning (BSW)
  • Emergency Lane Keeping (ELK)
  • Lane Departure Prevention (LDP)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Lane Keeping Assist (LKA)

Baca juga: Hyundai Nexo Hydrogen Muncul di PEVS 2024, Sudah Bisa Dipesan?

Untuk sumber tenaganya, Omoda E5 menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate berkapasitas 61 kWh, yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 450 km dalam sekali ngecas. 

chery omoda e5 mandalika

Jumlah pesanannya hampir 4.000 unit

Baterai tersebut dipasang untuk menggerakkan motor listrik penggerak tunggal berdaya 165 kW (224 PS) dengan torsi 400 Nm

Berbekal baterai dan motor electric tersebut, Omoda E5 diklaim mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,8 detik. 

Dalam hal pengisian daya, Omoda E5 hanya membutuhkan 35 menit untuk pengecasan pada kondisi baterai 30% sampai 80% dengan menggunakan pengisian daya cepat (DC Fast Charging).

Untuk harga Chery Omoda E5 kondisi normal yaitu Rp498.800.000 namun mendapat subsidi PPN menjadi 1%

Harga Chery Omoda E5: Rp 488.800.000

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Omoda E5

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia