window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Alasan Mitsubishi Xforce Belum Ada Panoramic Sunroof, Bukan Cuma Soal Efisiensi BBM

Herdi · 5 Des, 2023 09:01

mitsubishi xforce

Salah satu hal yang kerap dipertanyakan pada mobil terbaru, Mitsubishi Xforce adalah ketiadaan Panoramic Roof atau Sunroof. 

Maklum, mobil ini sudah 900 unit dikirim ke konsumen, dimana secara bertahap sudah disuplai sejak akhir November 2023.

Apalagi Xforce masuk segmen Sport utility Vehicle (SUV) Compact, yang dihuni beberapa kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, sudah dilengkapi atap kaca. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelumnya, disebutkan alasan Mitsubishi Xforce tak pakai Panoramic Roof atau Sunroof karena bisa membuat bobot mobil menjadi berat, sehingga berpotensi pada konsumsi bahan bakar (BBM) jadi lebih boros.

Baca juga: Asyik, Akhirnya Mitsubsihi Xforce Sudah Sampai ke Konsumen

Mitsubishi Xforce

Mitsubishi Xforce

Namun begitu, kini Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menyatakan alasan lain kenapa tidak ada Panoramic Roof atau Sunroof pada Xforce.

"Pertama, Dynamic Sound Yamaha Premium, itu akan semakin performanya prima di dalam kabin.

Apabila efek dari sound system tersebut ada di insulated, jadi tidak ada celah seperti pada Sunroof maupun Moonroof,” ungkap Atsushi Kurita saat ditemui di sela acara media Test Drive di Yogyakarta, Senin (5/12/2023).

Artinya, pada mobil yang dilengkapi Panoramic Roof, Sunroof atau Moonroof, kemungkinan ada celah, dimana suara dari luar masih bisa masuk. 

Baca juga: Tenang, Mitsubishi Xforce Nantinya Akan Dilengkapi Panoramic Sunroof

Tampang Mitsubishi Xforce

Tampang depan Xforce

Demikian juga dengan suara yang dihasilkan Dynamic Sound Yamaha Premium justru akan keluar melalui celah, alhasil suara yang seharusnya hanya ada di kabin, justru bocor dengan suara dari luar. 

Alasan lain kenapa tak pakai atap kaca, kata Atsushi Kurita, itu dikarenakan bisa membuat Head Clearance bisa menjadi bertambah atau semakin sempit pula jarak kepala dan bagian atap.  

“Sebenarnya secara teknis si memungkinkan (ada) Sunroof maupun Panoramic Roof, karena sudah ada di Pajero Sport, ada di Outlander Sport, pastinya ada teknologinya. Cuma pas saat itu, tidak dipasangnya,”  jelasnya. 

Baca juga: Coba Akselerasi dan Performa Mitsubishi Xforce, Seberapa Hebat?

Akan Ada Varian Mitsubishi Xforce dengan Sunroof

Mitsubishi Xforce dari atas

Mitsubishi Xforce dari atas

Kemunculan Xforce minus Panoramic Roof atau Sunroof pada Mitsubishi Xforce ternyata cukup banyak direspon konsumen maupun para pecinta otomotif.

Terlebih para pesaing di kelasnya, fitur yang dianggap obat ganteng tersebut sudah banyak diterapkan. 

Maka dari itu, Atsushi Kurita mengakui, pasca peluncurannya banyak konsumen meminta hal yang sama.

"Jadi sekarang  seriously studi untuk bisa memperkenalkan model dengan tambahan Sunroof, Panoramic Roof.

Mungkin akan ada di minor change atau mayor change ke depannya,” ujar Atsushi Kurita.

Tampilan interior Mitsubishi Xforce

Tampilan interior Mitsubishi Xforce

Dia juga mengatakan, akan melakukan berbagai improvement, dimana meski sudah dipasang Panoramic Roof atau Sunroof, bahan bakar akan tetap irit, suara yang dihasilkan Dynamic Sound Yamaha Premium tetap terasa menggelegar. 

Kemudian, Head Clearacen akan ada adjustjmen di Seat High, sehingga posisinya akan berubah tidak seperti yang ada saat ini.

Ehm, jadi penasaran kapan Mitsubishi Xforce ada Panoramic Roof atau Sunroof.

@autofun.indonesia Bukan cuma AC-nya yang canggih, urusan bikin adem di Mitsubishi XForce juga didukung sama kaca film bawaan Solar Gard! @solargard.id #reviewmobil #mobilbaru #xforce #solargard #kacafilm #pengenadem ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil