Sport Model | 998 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Model | Sport |
Kapasitas | 998 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Y |
Performa mesinnya cukup mumpuni dengan mengelurkan torsi yang cukup besar
Menawarkan posisi berkendara nyaman bagi pengendara
Menampilkan desain yang garang dan sporty
Ditambah dengan fitur mumpuni dan modern
Kecepatan dan akselerasi yang tak tertandingi
Alat bantu elektronik dilengkapi hyperbike
Perawatannya cukup rumit dan biaya perawatan cukup mahal
Harga di pasaran dibanderol sangat mahal
Outlet Penjualan & Layanan Terbatas
Bobotnya cukup berat
Ninja H2R 2021 merupakan motor buatan Jepang yang didukung oleh mesin empat silinder segaris empat silinder, 998cc, berpendingin cairan, 998cc, berpendingin cairan Supercharged, 4-tak DOHC, model andalan untuk Kawasaki mengeluarkan tenaga yang menakjubkan. Mencapai ketinggian setinggi itu menjadikan H2R sebagai senjata track day, tetapi Kawasaki masih belum berusaha menjadikannya legal di jalan raya. Dengan kemampuan menghasilkan tenaga yang luar biasa, sudah pasti Ninja H2R akan memiliki kemampuan kecepatan tinggi yang luar biasa. Gaya H2R adalah masterclass dalam aerodinamika sepeda motor. Selain itu, konsol instrumen semi-digital dengan setiap teknologi yang ada di dalamnya sebagai sesuatu yang diimpikan setiap pembalap. Dilengkapi dengan knalpot custom dan berat hanya 216 kg dan tugas suspensi yang ditangani oleh garpu terbalik 43mm dengan rebound dan peredaman kompresi, penyesuaian preload pegas dan pegas top-out di bagian depan sementara roda belakang mendapat Uni-Trak baru dengan shock bermuatan gas, piggyback reservoir, dual-range (high / kecepatan rendah) kompresi redaman, redaman rebound dan penyesuaian preload, dan pegas top-out. Dengan spesifikasi yang ditawarkan pada motor ini tidak perlu diragukan lagi. Saat ini di pasaran dibanderol dengan harga sekitar USD$ 55 ribu atau Rp 788 juta Harga tersebut mengikuti harga pasar di Amerika dan belum termasuk pajak yang menyertainya jika ada konsumen yang berhasil meminangnya di Indonesia. Motor ini hanya tersedia dalam 1 warna saja, yaitu Black (Hitam).
Motor ini didesain sama dengan Kawasaki Ninja H2 tetapi yang membedakannya adalah tidak memiliki lampu dan spion karena khusus untuk keperluan balap (Race Only). Kawasaki Ninja H2R ini yang menggunakan tipe rangka “Trellis”. Penggunaan konstruksi rangka teralis menawarkan solusi yang elegan dan ringan untuk memenuhi persyaratan kinerja sasis. Pada bagian depannya, Kawasaki Ninja H2R hanya memiliki 2 buah Intake Air System (lubang angin) yang merupakan ciri khas motor balap yang membelah angin dengan baik dan juga sebagai pendingin mesin ketika melaju dalam kecepatan yang tinggi. Kemudian sisi belakangnya memiliki stop lamp dan sepatbor yang menggantung serta dengan didesain meruncing dan sistem aerodinamis tambahan pada bagian belakang yang menjadikannya semakin menambah kesan sport bike versi sirkuit. Desain fairing Kawasaki Ninja H2R berbahan dasar serat karbon dibalut cat warna silver mengkilap dengan sudut yang tajam pada sisi depan dan belakang yang membuatnya terlihat sangat modern, mewah, agresif dan sporty. Selain itu, juga ada penambahan shock TTX yang sangat terkenal dari Öhlins yang menawarkan banyak keuntungan bagi pengendara: Peningkatan stabilitas belakang, pengurangan redaman yang sangat baik dan kenyamanan berkendara yang ditingkatkan dan peningkatan stabilitas belakang. Posisi berkendara dirancang untuk berkendara dengan kecepatan sangat tinggi dan berkendara di sirkuit. Untuk membantu mendukung pengendara selama akselerasi intens, bantalan penopang pinggul mengapit bagian belakang jok. Penopang pinggul dapat disesuaikan ke belakang 15 mm agar sesuai dengan ukuran pengendara. Kemudian cat baru Kawasaki yang sangat tahan lama memiliki lapisan khusus yang memungkinkan goresan untuk memperbaiki dirinya sendiri, memungkinkan cat mempertahankan hasil akhir berkualitas tinggi. Segmen lembut dan keras pada mantel bekerja sama seperti pegas kimia, menciptakan efek trampolin yang menyerap benturan. Catatan: 1. Dalam beberapa kasus, dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk pemulihan. 2. Cat tidak akan pulih jika tergores karena koin atau kunci, atau pengencang ritsleting. Ninja H2R adalah sepeda motor Kawasaki pertama yang memenuhi standar dengan pergantian gigi yang cepat. Untuk tahun 2017, pemindahan gigi cepat juga memungkinkan perpindahan gigi tanpa kopling.
Motor ini mengusung rangka Trellis, High-Tensile Steel with Swingarm Mounting Plate dan didukung dengan suspensi yang handal. Pada bagian suspensi depannya mengusung tipe Fork Up Side Down berukuran 43 mm dan pada bagian belakangnya mengandalkan New Uni-Trak with Gas Charged Shock. Kedua suspensi yang diusung tersebut membantu untuk meminimalisir goncangan sehingga menjaga kondisi yang stabil pada saat masuk atau keluar tikungan. Memang untuk urusan handling atau bermanuver Kawasaki Ninja H2R ini sangat diandalkan untuk melewati tikungan dalam kecepatan tinggi. Selain itu, suspensi tersebut juga dapat diatur sesuai dengan kondisi jalan atau keinginan pengendara. Posisi berkendaranya juga dirasa cukup nyaman.
Untuk urusan dapur pacunya, motor Kawasaki Ninja H2R ini ditenagai oleh mesin 998cc 4 silinder supercharged yang mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 310 PS @ 14.000 rpm dan torsi maksimal 165 Nm @ 12.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan. Jarak sumbu roda 1450mm dan ground clearance 130mm sangat cocok untuk menangani sepeda dengan baik di tikungan tajam di trek dengan tetap menjaga keseimbangan dan kontrol throttle maksimal. Tenaga yang dihasilkan tersebut pastinya tidak lepas dari dukungan komponen tenaga tambahan “Kawasaki Supercharger” yang disematkan ke dalam Kawasaki Ninja H2R untuk mendongkrak tenaga yang jauh lebih besar.
Untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, Kawasaki melengkapi motor Ninja H2R ini dengan menggunakan tipe rem cakram ganda semi-floating 330mm dengan dudukan radial ganda, kaliper 4 piston berlawanan, dan cakram 250 mm tunggal dengan kaliper 2 piston berlawanan. Dan juga ada ABS sebagai standar untuk motor khusus trek sehingga memudahkan pengendara untuk memegang motor pada saat pengereman tanpa membuatnya terkunci dan kehilangan keseimbangan. Selain itu, motor ini menggunakan ban tubeless yang berukuran 120/60 pada roda depan dan 190/65 pada roda belakang dengan menggunakan velg yang memiliki ukuran 17 inci. Dengan adanya ini akan meningkatkan kestabilan ketika melaju di kecepatan tinggi di lintasan balap.
Sebagai salah satu motor andalan Kawasaki sebagai sport bike yang tangguh untuk keperluan sirkuit atau balap menjadikan sebagai motor unggulan dalam versi balap dengan spesifikasi unggulannya yang sangat mumpuni seperti fitur canggih dan modern yang mumpuni, performa mesin yang responsif dan gahar dan didukung tampilan desain yang menarik membuatnya menjadi semakin menarik untuk dimilikinya. Harga dipasaran memang dibanderol cukup mahal. Namun, jika kita melihat spesifikasi yang disuguhkan pada motor ini tetntunya kita berpikir itu sesuai dengan apa yang kita dapatkan dengan harga segitu.
Ya, Kawasaki Ninja H2R dilengkapi Kecepatan maksimum, varian yang dilengkapi adalah Kawasaki Ninja H2R Standard.
Ya, Kawasaki Ninja H2R dilengkapi Ukuran velg depan, varian yang dilengkapi adalah Kawasaki Ninja H2R Standard.
Tidak, Kawasaki Ninja H2R tidak tersedia Sistem Pendinginan.