Alfa Romeo tidak ingin menggunakan nama stasiun-wagon untuk mobil-mobilnya, yang dianggap terlalu sporty untuk menanggung nama utilitas-kendaraan. Jadi, nama sportwagon dipilih. Alfa Romeo 156 adalah terobosan besar untuk pembuat mobil Italia. Ini menampilkan bahasa desain baru daripada pendahulunya pada tahun 1997 ketika diperkenalkan ke publik. Bahkan memenangkan penghargaan "Mobil Eropa Terbaik" 1998. Itu adalah sedan olahraga dengan DNA Alfa Romeo sejati di dalamnya. Dari depan ke b-pilar, alfa 156 Sportwagon tampak mirip dengan versi sedan. Setelah b-pilar, atap yang diperluas mengubah bentuk mobil. Karena perusahaan tidak ingin dihakimi seperti perkebunan keluarga biasa, sisi miring dan pendek membuat mobil terlihat lebih dekat dengan hatchback yang diperluas daripada stasiun-gerobak. Di dalam, ada lebih banyak ruang kepala untuk penumpang belakang, tetapi anehnya, ruang bagasi yang kurang. Karena overhang belakang tidak lebih besar, dan rak belakang belakang ditempatkan lebih rendah, ruang bagasi standar lebih kecil dengan kursi belakang. Untuk drivetrain, Alfa Romeo 156 menampilkan empat unit bensin yang sama dan dua unit diesel, ditawarkan dalam berbagai output daya. Itu ditawarkan dengan transmisi manual atau robotisasi (sewaan). Versi khusus, bernama GTA, diluncurkan pada tahun 2001 dan ditenagai oleh mesin V6 3.2 liter, yang menawarkan 250 hp.