Mobil yang tepat pada saat yang tepat tidak demikian halnya untuk Kompetisi Alfa Romeo 8C, yang diperkenalkan di Paris Motor Show 2006. Ketika mobil diluncurkan, pembuat mobil menerima lebih dari 1400 pesanan untuk itu tetapi, pada 2007, ketika awan gelap krisis ekonomi dunia berkumpul, daftar itu menyusut, dan karena Alfa Romeo mengatakan bahwa itu hanya akan membangun 500 . Dan itu apa yang dilakukannya. Tudungnya yang panjang, lampu depan segitiga dengan tiga lampu depan di dalamnya, perisai Alfa Romeo di tengah gril yang diperluas dengan tonjolan atas tudung adalah beberapa isyarat desain yang berbeda dari mobil. Kabin didorong lebih jauh ke belakang dan hampir tidak ada dek belakang. Untuk lampu belakang, desainer Alfa Romeo memilih tipe bundar, seperti mobil sport Alfa Romeo yang lebih tua. Di dalam, kompetisi 8C menampilkan dua kursi olahraga-ember yang diambil dari Ferrari. Mereka dibangun dari serat karbon dan ditutupi dengan kulit. Konsol tengah tinggi menyelenggarakan tombol untuk fungsi gearbox dan mode mengemudi, sakelar rem parkir, dan tombol mulai. Cluster instrumen menampilkan dua panggilan besar dan LCD di antara mereka. Di belakang, ada rak untuk bagasi. Batangnya hampir tidak ada. 8C ditenagai oleh mesin yang dimodifikasi yang diambil dari Maserati. Itu dikawinkan dengan gearbox 7-kecepatan, dual-clutch yang dipasang di belakang. Diferensial selip terbatas juga standar. Kecepatan tertinggi sedikit lebih lambat daripada salah satu Ferrari. Hanya karena ketika Anda adalah Alfa Romeo, Anda tidak ingin mengiritasi kakak Anda yang lebih besar.