Alfa Romeo memperkenalkan alfetta pada tahun 1972 dan, dua tahun kemudian, pembuat mobil memperkenalkan versi Fastback Coupe untuk itu, GT. Itu adalah awal dari halaman Motorsports yang indah. Nama itu berasal dari mobil Formula 1 dari tahun 50-an, dan Alfa Romeo mencoba, dan berhasil, untuk membuat mobil sport yang sukses. Perbaikan utamanya adalah sistem transaxle, dengan mesin di bagian depan dan gearbox di belakang untuk distribusi berat yang lebih baik. Itu memindahkan rem cakram belakang di gearbox, bukan pada roda seperti mobil lain di pasaran, untuk mengurangi massa tak terduga. Untuk membuat mobil, Alfa Romeo menggunakan studio desain Ital, yang membuat desain abadi. Depan lampu depan ganda dipasang sedikit di belakang tepi depan tudung sementara Grille Black memakai perisai Alfa Romeo besar di tengah. Bumper depan metalik yang ramping, chrome menampilkan strip karet dan, tepat di atasnya, Giugiaro memasang sinyal belokan dan lampu stasioner. Dari sisi-sisinya, pegangan pintu siram menunjukkan upaya pembuat mobil untuk meningkatkan aerodinamis. Pembuat mobil memasang jendela belakang lebar di samping, dengan desain split dan blat vertikal. Di dalam, alfetta GT menampilkan desain yang sangat tidak biasa untuk dasbor. Pembuat mobil hanya menginstal tachometer ke dalam cluster persegi di depan pengemudi, sedangkan sisa dial dan alat pengukur dipasang pada panel instrumen terpisah di tengah dasbor. Kursi ember olahraga di depan menampilkan pemulihan tinggi untuk memberikan dukungan samping yang lebih baik dan sandaran kepala yang luas. Di belakang, bangku itu diprofilkan dalam dua penumpang dewasa. Di bawah kap, Alfa Romeo memasang mesin 1,6 liter. Kemudian, pada tahun 1976, itu memperkenalkan mesin 2.0 liter baru untuk versi Alfetta GTV.