Mobil pertama Alpine adalah 106 Coupe, mobil sport yang memenangkan lomba Mille Miglia dan membuktikan bahwa kendaraan ringan dengan mesin kecil bisa mengalahkan mobil sport yang lebih kuat dengan permainan mereka sendiri. Cahaya, gesit, dan dengan mesin mungil di belakang, beberapa mungkin bisa berpikir bahwa itu adalah Porsche Prancis 911, tetapi diperkenalkan sembilan tahun sebelum mobil sport Jerman yang terkenal. Di awal 50-an, dealer Renault dari Dieppe - Prancis mengambil renault 4 terpisah dan menggunakannya untuk membangun mobil yang ringan dan lincah. Pada tahun 1955, Alpine A106 siap memasuki dunia. Bodywork fiber-glassnya lebih ringan daripada baja, tetapi lebih sulit untuk membangunnya, terutama dengan semua bentuk bulat itu. Bagian depan mobil menampilkan dua lampu depan putaran dan panel depan seperti busur. Bumper metaliknya dipasang pada dukungan serat-kaca. Dari sisi-sisinya, mobil menunjukkan kaca depan yang curam dan sedikit melengkung. Rumah kacanya miring menjelang akhir mobil di garis melengkung. Fender belakang lebih lebar dari sisa mobil dan menggunakan asupan udara di depan mereka, digunakan untuk menyalurkan udara ke mesin, yang dipasang di belakang. Di dalam, A106 kecil menampilkan dua kursi di depan dan bangku kecil di belakang. Panel instrumennya menampilkan speedometer dan beberapa pengukur tetapi tidak ada tachometer. Antara kursi depan, Alpine memasang tongkat roda gigi. Mesin tersebut adalah unit empat silinder kecil yang dirancang oleh Amedee Gordini, juga dikenal sebagai "Le Sorcerer" (The Wizard). Dengan suspensi independen di semua sudut dan hanya 540 kg (1.190 lbs), Alpine A106 terbukti sangat cepat dan dapat diandalkan, terutama di jalan berliku.