Aro 10 adalah SUV kecil yang diluncurkan di Eren 1979 (pameran ekonomi nasional Rumania). Itu diluncurkan sebagai model 1980 ketika mobil mulai dijual di pasaran. SUV kecil yang dibangun di Rumania dikembangkan untuk menjadi SUV ringan untuk pasar ekspor dan domestik. Itu dirancang oleh desainer mobil independen yang melamar pekerjaan di pabrik Aro dan dia segera dipekerjakan. Mobil menampilkan ide-ide canggih untuk era: Suspensi independen di keempat sudut dan transmisi 4x4 dengan gigi rendah. Setelah beberapa tahun, suspensi independen belakang digantikan oleh gandar hidup, yang lebih kuat dan lebih dapat diandalkan di jalan off-road dan dapat menangani beban yang lebih berat. Di luar, itu menampilkan desain sederhana, persegi, dengan beberapa elemen yang dibawa dari Dacia 1300, yang merupakan Renault 12 berlisensi yang diproduksi di Rumania. Sebuah ujung depan datar dengan overhang pendek menawarkan sudut pendekatan yang sangat baik. Desain yang sama dibuat untuk bagian belakang mobil. Anehnya, ARO 10 menampilkan wheelbase yang lebih panjang daripada kakaknya yang lebih besar, ARO 240. Itu dibangun dalam berbagai bentuk, dari kendaraan dua pintu yang dapat dikonversi hingga pick-up 4 pintu setelah 2000. Di dalamnya, model awal ditampilkan Kursi kain sederhana dan dasbor yang dilakukan dari Dacia 1300. Selama bertahun-tahun, model menampilkan pembaruan konstan. Mobil itu tidak ditawarkan dengan power-steering atau windows. Di U.K., mobil itu dijual sebagai Dacia Duster dan ditawarkan dengan manual 4-speed hanya pada tahun 1985. Opsi untuk sistem Stereo GBP 100 adalah satu-satunya pilihan yang tersedia. Mesin awal, 1,2 liter diganti nanti dengan unit 1,4 liter dan, kemudian, dengan unit diesel Renault 1,9 liter.