Generasi ketiga dari BMW 1-Series adalah revolusi untuk mobil Jerman kecil karena didasarkan pada platform penggerak roda depan. Tapi itu tidak berarti itu kurang berkinerja. Kisah sukses dari 1-seri dimulai pada tahun 2004. Mobil sporty, gesit, kecil berkumpul dari semua orang. Generasi kedua diluncurkan pada 2011 dan melanjutkan angka penjualan besar yang mencapai 1,8 juta unit pada saat generasi ketiga muncul. Dari pandangan pertama, tidak mungkin untuk tidak memperhatikan kisi-kisi ginjal besar. Lampu miring naik ke atas bersama dengan fender depan menjadi kemiringan yang lebih menonjolkan ke arah pilar-A. Karena platform roda depan-drive dengan mesin transversal, seluruh bagian depan kendaraan lebih pendek dari pada generasi sebelumnya. Bagian depan mobil yang lebih pendek memungkinkan rumah kaca yang lebih besar dengan garis atap yang panjang yang menjatuhkan ke belakang. Ekor lebar dengan bahu besar di atas lengkungan roda belakang menekankan tampilan sporty mobil. Di dalam kabin, ada lebih banyak ruang daripada pada generasi sebelumnya, karena mesin dan transmisi berada di depan kaca depan. Karena ada lebih banyak ruang untuk kursi depan, mereka dipasang ke depan dan pada dasarnya, ruang kaki belakang lebih besar. Pengemudi memiliki tampilan TFT, bukan dial yang biasa di cluster instrumen. Unit infotainment baru yang menampilkan kontrol gerakan dipasang. Di bawah kap, ada berbagai macam mesin, diesel, dan bensin dengan transmisi manual atau otomatis. Untuk versi mesin tertentu, sistem all-wheel-drive tersedia.