Generasi keempat dari BMW 3-Series datang di pasar pada tahun 1998 dan meroket ke puncak grafik penjualan di segmen kompak premium. Pada tahun 2000, kelas C-Class Mercedes-Benz menyusulnya. Seperti biasa, BMW tahu bahwa itu akan terjadi dan segera setelah meluncurkan seri 3, para insinyur mulai bekerja pada versi facelifted, yang diperkenalkan pada tahun 2002. Itu bukan pekerjaan yang mudah dilakukan, tetapi hasil melebihi harapan. Dari luar, ada perubahan kecil pada bodywork. Tampilan baru yang khas dari lampu depan, dengan garis lengkung ganda di bagian bawah, cocok dengan bumper baru. Di belakang, satu set lagu belakang yang baru dipasang. Dari samping, ada sedikit perbedaan antara versi facelift dan non-facelift. Di dalam, setir baru dengan pemindah Paddle dipasang untuk kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis (SMG). Selain itu, sebagian besar model dasar tetap sama, dengan perubahan kecil pada trim. Unit infotainment ditingkatkan. Perubahan paling penting adalah untuk drivetrain, di mana lineup mesin baru diperkenalkan. Model dasar adalah unit 1,8 liter, bernama 316i, yang menawarkan 115 hp. Versi paling populer adalah 318i, yang menawarkan unit 2.0 liter dinilai pada 143 hp. Itu adalah 2.0-liter pertama dengan empat silinder yang dipasang pada BMW sejak generasi pertama. Atas versi rentang adalah unit 331 HP 3.0 liter, yang dapat dikawinkan dengan manual 6-kecepatan, dengan sistem belakang atau all-wheel-drive. Semua versi tersedia dengan transmisi otomatis, 5-kecepatan.