BMW M3 E30 adalah M3 pertama dalam sejarah dan itu adalah mobil tur paling sukses yang pernah ada, dengan lebih dari 1500 kemenangan di kelasnya. Dan model seri menjadi ikon motorsports sejak awal, pada tahun 1986. Agar dapat memulai dalam seri Kejuaraan Touring, sebuah mobil seharusnya diproduksi setidaknya dalam 5.000 unit per tahun dan model balapan harus memiliki banyak bagian dalam umum dengan model produksi. Itu adalah peraturan dan BMW berjuang untuk menemukan cara untuk memulai. Jadi, itu membangun mobil balap dan kemudian membuatnya cocok untuk jalan dan mulai menjualnya. Itu adalah ledakan, meskipun ada ketakutan akan departemen penjualan. E30 M3 didasarkan pada versi e30 coupe standar, tetapi itu secara ekstensif bekerja kembali. Pilar-C berbeda dan bagasi lebih pendek. Fender depan dan belakang diperbesar untuk mengakomodasi suspensi baru dan jalur yang lebih luas. Ada dua evolusi untuk mobil, dan satu memiliki elemen aerodinamis yang dapat disesuaikan seperti ekstensi untuk celemek depan dan sudut sayap belakang. Interior dilengkapi dengan kursi olahraga-bucket dan semua kenyamanan yang dibutuhkan untuk mobil yang mahal. Dasbor, panel pintu, dan trim belakang diambil dari versi standar, non-M, dengan pelapis kulit. Pilihan untuk Sunroof tersedia, tetapi mobil menampilkan komputer standar, AC, dan gearbox manual. Di bawah tudung itu adalah mesin inline-empat yang baru dikembangkan dengan twin-cam dan 16 katup yang menawarkan hampir 200 hp dari perpindahan 2,3 liter. Itu tersedia dengan dua pilihan manual, baik dengan 5-gears tetapi satu adalah tipe anjing-kaki dengan rasio gigi yang berbeda.