Ketika diluncurkan pada tahun 1995, Z3 adalah roadster pertama yang dibangun dalam jumlah besar setelah waktu yang lama. Pendahulunya, Z1, hanya diproduksi dalam 8000 unit. Dua setengah tahun setelah Z3 Roadster menyerbu Roadster Arena, BMW berani melakukan sesuatu yang bahkan lebih keterlaluan: rem menembak berdasarkan Z3. Itu adalah mobil yang dibangun oleh insinyur BMW setelah jam kerja. Proyek mereka mengesankan manajemen sedemikian rupa sehingga mobil menerima lampu hijau. Bagian depan mobil mirip dengan Roadster, dengan bilah yang sama di fender depan yang membangkitkan BMW 507. Dari pilar-A ke belakang itu adalah cerita yang berbeda. Atap tetap diregangkan dari atas kaca depan ke bagian belakang mobil. Karena tidak ada ruang untuk membuatnya miring, itu lurus dan, tepat di belakang roda belakang, itu dijatuhkan dengan pilar Cakel. Di belakang, tailgate menawarkan akses ke ruang bagasi besar, ketika mempertimbangkan ukuran mobil. Di dalam, pabrikan tidak mencoba menginstal kursi belakang kecil yang tidak dapat digunakan untuk pajak yang lebih rendah. Itu baru saja memasang bagasi yang lebih besar. Kursi bucket depan ditempatkan lebih rendah. Karena mobil didasarkan pada platform E36, ia berbagi beberapa komponen dengan 3-series. Itu adalah cluster instrumen yang sama dan tata letak yang sama untuk tumpukan tengah. Di bawah kap, Z3 Coupe ditawarkan secara eksklusif dengan enam mesin lurus. Pemindahannya adalah 2,8 liter antara 1998 dan 2000 dan dinaikkan menjadi 3,0 liter untuk dua tahun ke depan, hingga 2002. Semua versi mesin dikawinkan sebagai standar ke manual 5-speed.