Cadillac CTS-V 2003 adalah jawaban yang diberikan oleh merek Amerika mewah ke pasar ketika pelanggannya meminta lebih banyak kinerja dari kendaraan mereka. Model baru menandai kembalinya merek Amerika ke arena olahraga. Cadillac adalah pesaing penting dengan perlombaan-mulai dari lomba LEMANS 24H pada tahun 1954. Tetapi setelah itu, merek itu didedikasikan untuk kenyamanan dan kemewahan. Pada tahun 2002, Cadillac menggantikan Model Caterera yang berusia, yang merupakan Opel / Vauxhall Opel Eropa yang dibebani, dengan CTS baru. Itu adalah sedan mewah ukuran menengah tetapi dengan mencari Cadillac yang aneh. Bentuk sudut dan lampu depan tinggi adalah sesuatu yang tidak diharapkan oleh pembeli reguler. Tetapi pembeli yang lebih muda jatuh cinta padanya. Versi CTS-V datang setahun kemudian. Interiornya adalah campuran antara tampilan Cadillac klasik dan beberapa kendaraan saab modern. Dengan konsol tengah besar dan tinggi, terinspirasi oleh penerbangan, CTS-V adalah sesuatu yang unik di lineup merek Amerika. Kejutan terbesar ada di bawah tenda, di mana mesin LS6 dijatuhkan. Itu adalah mesin yang sama dari C05 Chevrolet Corvette dan, tentu saja, gearbox manual tremec 6-speed 6-speed yang sama. Itu adalah Cadillac pertama yang ditawarkan dengan transmisi manual standar sejak pertengahan '80-an. Itu juga Cadillac pertama yang bisa bersaing dengan kendaraan seperti BMW M5 atau Mercedes-Benz e 55 AMG.