DS adalah salah satu mobil paling revolusioner yang pernah dibuat. Citroen meluncurkannya pada tahun 1955, tetapi evolusinya tidak berhenti di situ. Pada tahun 1973 model menerima versi paling canggih: DS23. Setelah beberapa facelift, DS datang ke evolusi terakhirnya pada tahun 1973. Desainer aslinya, Flamino Bertoni, tidak hidup cukup lama untuk membantu dengan itu, tetapi evolusi membawa bagian terakhir puzzle, yang membuat mobil semakin diinginkan. Sementara model awal menampilkan lampu depan yang terpapar, bulat, evolusi yang terakhir membawa lampu depan yang tertutup dengan lampu directional di dalam. Bentuk aerodinamis disimpan, dan masih terlihat lebih maju daripada sebagian besar mobil di pasaran karena garis cairannya dan miring kembali. Di dalam, DS, dan terutama level ds pallas teratas, menampilkan kursi lebar di bagian depan dan bangku di belakang. Karena wheelbase yang panjang, ada banyak ruang untuk lima penumpang. Layak disebutkan bahwa Citroen merancang mobil jadi presiden Prancis, Jenderal Charles degaulle, bisa muat, dan dia setinggi 1,96 m (6,4 kaki). Citroen memasang mesin baru, 2.3 liter di bawah tenda, baik dengan karburator atau dengan sistem injeksi bahan bakar. Yang terakhir adalah kebaruan di pasar, dan orang-orang masih skeptis tentang keandalan dan kinerjanya. Tetapi perbedaan 15 HP antara dua pilihan mesin dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah membuktikan nilainya. Kedua versi dipasangkan baik dengan manual 5 kecepatan atau gearbox semi-otomatis 4-kecepatan.