Pada tahun 2004 Ford memperkenalkan generasi kedua fokus di Paris Motor Show dalam tiga bentuk tubuh, tetapi tidak satu pun dari mereka adalah sedan. Versi itu diluncurkan pada tahun 2005. Ford memiliki strategi pemasaran yang menarik untuk fokus. Pada bulan Maret 2004 itu menunjukkan mobil di Geneva Motor Show dengan jendela hitam. Pada pertengahan 2004, itu mengungkapkan sedan sebagai studi di Beijing Motor Show, dan pada bulan September, ia meluncurkan versi produksi untuk versi tiga dan lima pintu dan station wagon. Produksi, fokus empat pintu, hanya diungkapkan pada tahun 2005. Dari luar, lampu depan mengikuti bentuk segitiga dari tema desain-tepi yang baru, tetapi mereka lebih kecil. Itu meninggalkan lebih banyak ruang untuk grille, yang lebih luas dan lebih sempit. Berkat atapnya yang melengkung dan jendela segitiga kecil di belakang pintu belakang, sedan fokus menunjukkan tampilan yang elegan untuk segmen kompak. Di belakang, Ford memasang lampu belakang seperti Mondeo pada panel seperempat. Di dalam, Ford menawarkan kendaraan dalam beberapa level trim, termasuk Ghia, sebagai versi mewah teratas. Upgrade yang paling signifikan adalah sel keamanan, yang menempatkan fokus di atas kelasnya dalam hasil uji crash EuronCap. Sedan diharapkan sebagian besar pelanggan armada, yang menikmati jajaran mesin baru yang menawarkan versi yang hemat bahan bakar. Dayanya berkisar antara 80 HP dan 146 HP dengan opsi turbo-diesel dan bensin. Transmisi otomatis tersedia untuk versi yang dipilih.