Itu adalah Revolusi Big Motorsport Citroen dalam bentuk compact-coupe yang menyebabkan mobil reli yang sangat kompetitif. Sayangnya, Xsara VTS terlalu diremehkan karena kemampuannya. Citroen memperkenalkan lineup XSara pada tahun 1997, dan itu faceliftnya empat tahun kemudian. Seiring dengan sisa kisaran, pembuat mobil mengubah versi coupe. Pada tahun 1999, mobil 2ws Xsara Kit mengguncang supremasi kendaraan all-wheel-drive dalam dua demonstrasi, dan mobil menjadi terkenal. Mesin 2.0-liter yang disedot secara alami adalah sebuah mahakarya, dan, yang paling penting, lebih cepat dan lebih cepat daripada Golf IV GTI. Sementara versi non-facelift yang menampilkan lampu depan horizontal, kecil, Citroen memasang lampu baru yang disapu-Kembali ke atas fender untuk meningkatkan berkendara malam hari. Para desainer membuat ruang untuk gril yang lebih luas di bumper depan untuk meningkatkan pendinginan dan penampilan mobil. Dari sisinya, mobil mempertahankan profil coupe yang sama dengan cetakan berwarna tubuh. Di dalam, xsara vts menyimpan interior yang sama dengan trim kayu atau aluminium. Kursi depan ditopang tinggi dengan pegangan yang baik di sisi untuk menjaga penghuninya di tempat selama menikung keras. Di belakang, bangku lipat split membantu meningkatkan ukuran batang. Profil mobil lebih dekat dengan coupe, tetapi itu menampilkan bak belakang di belakang, jadi itu antara coupe dan hot-palka. Di bawah tenda, Xsara Coupe menampilkan tiga mesin pilihan, baik diesel, dan bensin. Citroen memasang versi sportiest dengan mesin 2.0 liter, 16-valves dipasangkan sebagai standar ke gearbox manual 5-speed.