Citroen menyegarkan lineup ZX untuk terakhir kalinya pada tahun 1996, dan versi lima pintu masih menjadi versi penjualan utama dari kendaraan segmen kompak. Bahkan setelah enam tahun di pasaran, ZX menarik bagi pelanggan, tetapi desainnya mulai pucat karena tren bio-desain mulai mendapatkan semakin banyak pengikut. Golf adalah mobil untuk dikalahkan, dan Opel juga di antara para pemenang penjualan. Kemudian, Citroen membuat langkah terakhir dan menambahkan beberapa sentuhan terakhir yang berhasil menjaga gambar ZX segar. Sementara bagian depan mobil masih mirip dengan model 1994, tampilan keseluruhannya menerima dorongan besar dengan melukis pegangan pintu dan cermin dalam warna tubuh seperti sisa mobil. Sebagian besar kendaraan lain di pasaran, termasuk golf, memiliki elemen-elemen itu hitam. Tergantung pada level trim, ini menampilkan lampu kabut. Sama seperti Astra Opel / Vauxhall, itu menunjukkan tiga jendela sisi dalam versi lima pintu, dengan garis maju yang sangat racun untuk baris terakhir. Mobil itu sangat maju untuk era dan bahkan memiliki sunroof, power windows, dan standard standard power. Power windows dan AC tersedia; Selain itu, pemutar kaset radio dipasang sebagai standar dari level trim kedua. Citroen memperkenalkan ABS dan airbag pengemudi sebagai fitur standar untuk tingkat trim atas untuk meningkatkan faktor keamanan. Di bawah kap, Citroen memasang pilihan enam mesin, baik bensin maupun diesel. Yang terakhir ini tersedia dengan versi turbocharged yang menyediakan 90 HP, yang merupakan versi tercepat kedua dari jajaran ZX.