Generasi keempat karavan melihat lampu di tahun 2000 Auto International Auto International di Detroit. Minivan tidak hidup lama di bawah merek Dodge. Keluarga menggunakan minivan untuk perjalanan panjang dan, kebanyakan, digunakan oleh ibu untuk mengambil dan menjemput anak-anak dari sekolah mereka. Setidaknya, itulah yang kembali pada hari-hari ketika MPV dalam permintaan tinggi. Kemudian, tren bergerak menuju crossover dan SUV. Tetapi pada tahun 2000, MPV adalah raja tempat parkir sekolah. Dari luar, beberapa orang mungkin mengatakan bahwa generasi keempat lebih dari generasi ketiga yang ditempatkan. Tetapi kendaraan itu benar-benar baru, dan dibangun di platform Chrysler RS, tidak seperti pendahulunya, yang dibangun di atas NS. Akhirnya yang dipanggangkan dengan kapnya hampir dilanjutkan dengan kaca depan dan garis atap yang panjang dan melengkung, karavan menampilkan desain dinamis meskipun tidak dibangun untuk kecepatan. Aerodinamis memainkan peran yang lebih penting dalam efisiensi bahan bakar. Seperti banyak MPV lainnya di pasaran, kendaraan itu dirancang dari dalam ke luar. Wheelbase pendek adalah karavan, dan wheelbase panjang adalah karavan besar. Itu bisa menampung hingga tujuh penumpang di dalamnya, atau hanya enam jika baris tengah dilengkapi dengan kursi kapten. Di bawah kap, Chrysler memasang pilihan dua mesin. Empat pot 2,4 liter dan v6 3,3 liter. Transmisi Standar adalah gearbox otomatis 4-percepatan.