Itu adalah salah satu mobil otot paling penting dari eranya, bahkan jika, dengan beberapa standar, itu adalah mobil kuda poni karena dek belakangnya yang pendek. Penampilannya menjadikannya pesaing yang sulit pada strip drag. Penantang legendaris diperkenalkan pada tahun 1969 sebagai model tahun 1970. Itu ditawarkan dalam trim yang berbeda dan dengan berbagai mesin. Mobil itu didasarkan pada platform e-body Plymouth Barracuda dan berbagi beberapa komponen dengan yang itu. Tetapi memiliki berbagai macam mesin yang menawarkan antara 105 dan 375 hp. Penataannya unik dan itu menyerupai generasi ketiga dari Challenger, pada 2008. Dari luar, Big Coupe menampilkan tudung panjang, sebuah kabin untuk empat orang dewasa, dan batang besar di bawah geladak pendek. Fascia depan menampilkan lampu depan empat putaran yang tidak salah lagi jauh di belakang ujung kap. Di tengah, tepi dalam rim dari grille juga merupakan hal tertentu bagi penantang. Di dalam, kursi ember depan menawarkan beberapa penguat, tetapi tidak cukup pada standar 2000-an. Mereka cukup baik untuk akselerasi garis lurus. Panel instrumen ditempatkan di depan driver dengan tachometer tepat di belakang setir, di tengah. Di sebelah kiri, ada speedometer. Tiga putaran lainnya di sisi kanan mencakup informasi tentang suhu pendingin, tekanan oli, tingkat bahan bakar, dan, tentu saja, jam. Jam besar menjadi pelek chrom bulat yang bagus. Gear stick dipasang di lantai dan tersedia dengan batang lurus atau dengan "pegangan pistol". Penantang ditawarkan dengan dua mesin inline-enam dan enam V8 di bawah tenda. Yang terbesar adalah 7,2 liter. Rem cakram dan power steering berada pada daftar opsi.