Sebagai bagian dari perjanjiannya dengan Mitsubishi Motors Corporation, Dodge mengembangkan dan memproduksi lineup pickup Dakota dalam beberapa bentuk tubuh, termasuk versi empat pintu. Sementara Mitsubishi mencoba keberuntungan pada segmen pickup ringan di tanah AS, Dodge sudah menjadi veteran di sana. Itulah satu alasan mengapa pelanggan Amerika lebih suka Dakota alih-alih Mitsubishi Raider, meskipun mereka dibangun di pabrik yang sama dan berbagi segalanya kecuali beberapa panel dan lencana tubuh. Desain Dakota terinspirasi oleh model Dodge yang lebih lama dan menunjukkan fasia depan yang mirip dengan SUV-nya, Durango. Gaya desain retro dengan kap lebih tinggi dari fender depan dan lampu depan besar menarik lebih banyak pelanggan. Dodge Shoed Desain Gril Rambut Cross-Hair yang sama dan, tergantung pada level trim, dengan seputar chrome. Dari sisi-sisinya, kabin yang lebih panjang dibangun untuk lima orang dewasa membuat ruang untuk empat pintu untuk mengurangi ingress dan egress. Fender belakangnya menunjukkan lengkungan roda berkobar, dan pembuat mobil menawarkan pickup dengan hanya satu pilihan tempat tidur. Tidak seperti saudara-saudaranya, Klub Cab menampilkan pintu belakang berengsel depan dan peralatan interior yang lebih kaya. Quad-Cab dibangun lebih dari kendaraan rekreasi daripada pekerja keras. Meskipun bahan-bahannya tidak terkemuka, pembuat mobil mencoba menawarkan pemandangan yang menyenangkan dari desain dasbor dua nada dengan sistem audio yang dipasang tinggi. Sebagai pilihan, Dodge menawarkan kendaraan dengan empat power-windows dan transmisi otomatis dengan pemilih yang ditempatkan di belakang setir. Tapi, seperti Mitsubishi Raider, penjualan Dakota tidak setinggi yang diharapkan. Setelah Mitsubishi meminta Chrysler untuk berhenti memproduksi Raider pada tahun 2009, menjadi semakin sulit untuk mempertahankan pickup kompak. Akhirnya, pada tahun 2011, Dodge menghentikan produksi Dakota.