Sementara Cirrus Chrysler mendapat bit dan potongan-potongan interior yang lebih baik, Dodge Stratus bisa dibeli dengan lebih sedikit uang dan masih menawarkan karakter yang lebih spesial. Chrysler mengalihkan perhatiannya ke arah meteorologi ketika dinamai saudara-saudaranya, dan dengan demikian mobil-orang mengetahui bahwa Cirrus adalah awan yang lebih tinggi daripada awan stratus, dan begitu juga dengan mobil-mobil. Chrysler lebih mahal dan lebih mewah, sedangkan Dodge Stratus lebih dari jenis kendaraan down-to-earth. Profil aerodinamisnya, dengan ujung depan yang sempit dan lampu depan ramping, mulai jalur naik mobil, yang berakhir dengan tutup batang atas dari dasar kaca depan. Tapi itu tidak berhenti di situ. Panel tubuh melengkung dan ujung-ujung lembut membuat mobil tampak seperti diukir melalui udara. Namun, itu hanya sedan empat pintu biasa yang dirancang untuk keluarga. Di dalam, stratus menampilkan lima kursi dengan dua kursi ember di bagian depan dan bangku di belakang. Pelapis velour-nya dipangkas dan dipasang dengan baik. Kabin itu lapang untuk orang dewasa berukuran penuh, bahkan di belakang. Di belakang, ada ruang untuk tiga jika ada perjalanan yang lebih pendek. Untuk panel dasbor, Dodge memilih bentuk bulat, mengikuti tren desain bio. Panggilan putihnya dari panel instrumen sangat terlihat. Tidak seperti saudara yang lebih mahal, Cirrus, stratus ditawarkan dengan pilihan tiga mesin berkisar antara 2,0 liter dan 2,5 liter V-6. Yang terakhir dibawa dari Mitsubishi. Terlepas dari versi 130 HP, yang lain tersedia secara eksklusif dengan transmisi otomatis empat kecepatan, yang ditawarkan sebagai opsi untuk model dasar.