General Motors memperhatikan bahwa pelanggan muda Eropa mencari kendaraan yang tampak sporty; Hatchback 3 pintu bukanlah yang mereka inginkan. Pada tahun 2004, Vauxhall memperkenalkan versi GTC untuk Astra. Pada dasarnya, itu memiliki dasar yang sama dengan saudara kandung lima pintu, tetapi hanya berbagi bagian dari tubuh dan menawarkan kendaraan yang tampak lebih baik. Astra adalah salah satu kisah sukses terbesar yang pernah dibuat oleh Vauxhall. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa hingga 2010, lebih dari 80% dari pengemudi Inggris melaju atau memiliki teman yang memiliki Astra. Tetapi pengemudi yang lebih muda tidak terlalu tertarik dengan kendaraan kompak 5 pintu berbentuk aneh. Astra GTC tetap bahwa dengan kaca depan yang sangat racun dan punggung miring yang membuat mobil terlihat lebih dekat ke coupe daripada hatchback. Jendela segitiga belakang yang menyempit dan bengkel besar mengubah Astra yang kusam menjadi penangkap mata. Interiornya sama dengan vauxhall Astra lainnya, dengan kasus bulat untuk cluster instrumen. Di belakang, ada ruang yang baik untuk dua orang dewasa. Tunnel tengah terlalu besar untuk memuat tiga penumpang di sana. Kursi tempat duduk belakang split-lipat bagus untuk memperluas trunk, yang cukup besar untuk membantu pengemudi bergerak dari kampus ke rumah dan kembali selama liburan musim panas. Di bawah kap, Astra GTC ditawarkan dengan berbagai pilihan mesin diesel dan bensin. Versi teratasnya adalah VXR, yang menyediakan 200 hp.