Penggemar Ferrari sudah tahu bahwa papan nama GTO tidak diberikan untuk hanya mobil apa pun. Ferrari 288 GTO yang diluncurkan pada tahun 1984 di Jenewa Motor Show adalah penerus Ferrari 250 GTO yang terkenal, mobil kolektor paling berharga di dunia. Dibangun semata-mata untuk balap, 250 gto diproduksi dalam total 36 unit dan dilengkapi dengan unit V12 yang tangguh yang menghidupkan 296 hp. Ferrari 288 GTO baru secara visual mirip dengan Ferrari 308 GTB, dari mana ia meminjam prinsip konstruksi dasarnya. Bahkan jika dari jauh sulit untuk mengatakan perbedaan antara keduanya, 288 GTO dirancang ulang untuk tampilan yang lebih agresif, tetapi perubahannya juga fungsional. Mencari untuk mengurangi berat badan, panel terbuat dari bahan ringan, fender terbuat dari komposit fiberglass dan pintu terbuat dari aluminium. Atap adalah kombinasi serat karbon dan kevlar, sedangkan pintu terbuat dari aluminium. Dengan Ferrari 288 GTO datang unit V8 yang menakjubkan yang mengembangkan tidak kurang dari 400 hp, dengan mobil sport yang berakselerasi hingga 100 kpj dalam sekitar 4,8 detik. Di dalam, bahkan jika 288 gto difokuskan pada kinerja, masih menampilkan kabin mewah dengan dasbor, karpet, dan kursi kulit yang dibungkus suede sebagai standar. Fitur opsional termasuk AC, power windows dan stereo kaset. Diproduksi dalam 272 unit, semua 288 GTO dicat merah, tetapi 1 prototipe dicat kuning oleh pelatih resmi Ferrari, Pininfarina.