Di tahun 80-an, Ferrari memahami pentingnya membangun sebuah gambar di pasar, dan 308 adalah senjata pilihan. Ferrari tidak membangun 308 sebagai balap-mobil dengan pakaian jalanan. Meskipun pembuat mobil itu menghormati kendaraan untuk memulai dalam demonstrasi dan balapan, pekerjaan utamanya adalah menjaga nama Ferrari di jalanan. Itu dirancang sebagai Grand Turismo Berlinetta dan dinamai sesuai. Itu berarti direkayasa untuk drive yang panjang dan santai di dalam kendaraan yang bisa membawa barang bawaan. Pininfarina merancang mobil sebagai coupe tiga kotak dan kemudian membentuk sebanyak mungkin untuk membuatnya lebih aerodinamika. Di depan, lampu pop-up menurunkan koefisien hambatan. Pembuat mobil memasang ventilasi buang khusus untuk mobil yang dilengkapi dengan empat katup per mesin silinder di belakangnya. Bentuk 308 adalah salah satu bentuk yang paling dikenal dari lineup Ferrari. Asupan udara sampingnya untuk mesin dan panel belakang miring unik di pasaran. Di dalam, GTBI menampilkan kabin mewah dengan kulit di mana-mana. Pada konsol tengah, grille metalik pola-H untuk gear-stick memastikan perubahan gigi kaku dan presisi. Kursi ember olahraga dengan pemulihan tinggi memberikan kenyamanan dan stabilitas saat menikung. Di bawah kap, GTBI menampilkan mesin 2,9 liter dengan empat katup per silinder. Karena peraturan emisi terbaru, pembuat mobil harus memperkenalkan sistem yang disuntikkan bahan bakar yang dibangun oleh Bosch. Hasilnya adalah mesin yang lebih bersih, tetapi dengan banyak dengusan untuk merobek jalanan.