Ferrari akhirnya memperkenalkan versi empat katup per silinder untuk kisaran 308 pada tahun 1982 dan mendapatkan kembali beberapa daya yang hilang karena kontrol emisi. Ketika Ferrari memperkenalkan 308 pada tahun 1975, mesin 2,9 liter ini menghasilkan 255 hp, dan itu adalah mobil yang cepat dan dihargai. Tetapi hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk pembuat mobil Italia ketika aturan baru mengenai emisi adalah wajib lima tahun kemudian, dan outputnya harus berkurang 20 persen. Pelanggan tertegun: model baru mereka lebih lambat dari yang sebelumnya. Ferrari memiliki solusi, tetapi butuh beberapa waktu untuk mengimplementasikannya: injeksi bahan bakar adalah langkah pertama, dan kemudian menambahkan empat katup per silinder. Itu lebih baik. Itu masih lebih lambat dari model 1975 tetapi lebih cepat dari versi 1980. Mobil itu memakai eksterior yang sangat mirip dari luar, tetapi dengan beberapa perubahan di depan. Pembuat mobil memasang set lampu kabut dan spoiler untuk meningkatkan downforce. Karena itu adalah mobil tengah, sisi depannya ringan dan cenderung menggigit dengan kecepatan lebih tinggi. Berkat elemen aerodinamis baru, ada sedikit udara yang terperangkap di bawah kendaraan, dan dengan demikian mengurangi efek darat yang mengangkat hidung. Di dalam, peningkatan terbesar adalah tambahan Unit-AC, yang ditawarkan Ferrari sebagai pilihan. Roda kemudi tiga-berbicara didesain ulang menjadi standar untuk mobil. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, pembuat mobil menambahkan pusat kain untuk kursi pada daftar opsi. Perubahan paling signifikan sejauh ini adalah mesin, yang menerima kepala silinder baru. Sistem empat katup per silinder meningkatkan daya dari 214 HP hingga 240 hp. Meskipun itu adalah 15 HP Shy dari model tahun 1975 dan lebih lambat 1,2 detik hingga 100 kpj (62 mph) dari standing start, itu masih lebih cepat dengan satu detik dari model 1980.