Ford memperkenalkan generasi ketiga dari pengawalan pada tahun 1980, dan itu tersedia dalam beberapa bentuk tubuh, termasuk versi tiga pintu. Itu adalah perubahan paling signifikan untuk kendaraan berukuran kompak yang dibangun oleh Ford di Eropa. Tim desain dimulai dengan selembar kertas kosong. Tidak seperti pendahulunya, pengawalan baru harus menjadi roda depan. Itu adalah mobil FWD kedua yang dibangun oleh cabang Eropa dari pembuat mobil Amerika. Yang lain adalah Fiesta generasi pertama. Patrick Le Quement memulai pekerjaan untuk kisaran pendamping pada tahun 1976 dan membayangkannya dengan garis lurus dan bentuk terjepit. Dia mencoba untuk pindah dari garis-garis yang mengalir versi yang lebih lama ke desain hatchback, tren yang tumbuh sejak peluncuran VW Golf pada tahun 1974. Tidak seperti pesaing Jerman, pengawalan menampilkan lampu depan persegi panjang dan geladak yang sangat pendek di belakang jendela belakang. Untuk versi tiga pintu, tim desain membuat jendela samping belakang tetap dan pintu yang lebih panjang. Di dalam, desain garis lurus dengan sudut bulat. Bahan lunak ditambahkan ke permukaan kontak, seperti sandaran tangan pintu. Tergantung pada level trim dan versi mesin, pembuat mobil memasang tachometer di cluster instrumen atau tidak. XR3 top-of-the-line menampilkan konsol tengah yang digunakan untuk pemutar stereo-casette, asbak, dan kompartemen penyimpanan. Ford menginstal berbagai mesin di bawah kap, termasuk unit bensin turbocharged yang menawarkan 132 hp, dan itu jauh lebih cepat daripada saingan utamanya, Golf GTI. Tetapi masalah keandalan membuat Jerman lainnya menjual lebih baik.