Fiat 16-20 adalah titik penambah untuk perusahaan Fiat muda, yang telah ditetapkan hanya 4 tahun sebelumnya, pada Juli 1899. Itu adalah seri pertama kendaraan dari Fiat, yang memiliki berbagai jenis mesin. Beberapa datang dengan 20 hp dan yang lainnya memiliki 24 hp. Pada 1900-an, banyak pembuat mobil yang digunakan untuk membangun perintah sasis dan kontrol kendaraan dan meninggalkan bodywork untuk pelatih khusus. Namun, beberapa kendaraan dibangun sepenuhnya di pabrik Turin Fiat. Beberapa versi tidak memiliki pintu atau atap. Mereka bahkan memiliki versi olahraga, dengan hanya dua kursi dan meringankan sebanyak mungkin. Versi tercepat itu mampu mencapai kecepatan tertinggi 75 kpj (46,6 mph). Pada saat yang sama, CoachBuilder Alessio mulai membangun berbagai bodyworks untuk Fiat 16-20 dan, yang terakhir, untuk Fiat 16-24. Mereka digunakan untuk membangun versi limusin. Itu berarti bahwa penumpang duduk di bagian kendaraan yang tertutup dan pengemudi berdiri di udara terbuka. Tapi, setidaknya, dia punya atap. Mesin itu awalnya 20 hp inline-four dengan 4179 cmc dan, satu tahun kemudian, mesin yang sama berhasil mendapatkan 24 hp. Seri pertama dan kedua ditenagai oleh mesin 4179 cc dengan kopling band. Mereka diikuti pada tahun 1906 dengan seri ketiga dengan mesin 4503 cc dan kopling multi-piring.