Sedan ukuran menengah Peugeot 405 diperkenalkan pada tahun 1997 sebagai penerus langsung untuk 305 yang lebih kecil dan yang lebih besar 505. Hasilnya adalah salah satu sedan Peugeot yang paling berhasil. Dengan gaya yang tampak tajam dan sporty, sedan 405 adalah hit instan di pasaran dan merupakan sedan terbaik di kelasnya di beberapa pasar. Satu tahun kemudian, pada tahun 1988, versi stasiun-wagon diluncurkan. Itu adalah hit lain bagi Peugeot, yang merupakan salah satu produser Wagon-Wagon Prancis yang paling dihargai. Tidak seperti beberapa stasiun Peugeot lainnya, 405 tidak menawarkan pilihan baris kursi ketiga di area bagasi. Bentuk sudut mobil mirip dengan sedan hingga pilar B, dengan lampu depan persegi panjang. Para desainer menemukan cara untuk memasukkan pintu belakang yang sama dari sedan di stasiun-wagon dan yang menyebabkan pemotongan biaya serius. Di dalam, mobil ini menampilkan bentuk sudut yang sama untuk dasbor dan elemen trim interior lainnya. Garis atap yang diperluas memungkinkan ruang kepala yang lebih baik untuk penumpang belakang. Bangku belakang menampilkan kursi lunak yang dapat dilipat, yang memungkinkan ekspansi bagasi. Di bawah kap, 405 stasiun-wagon menampilkan beberapa mesin dari sedan, tetapi tidak semuanya. Bagian atas versi range adalah unit 1,9 liter dengan 125 hp, sedangkan sedan ditawarkan dengan mesin yang lebih baik.