Fiat menikmati kesuksesan luar biasa yang direkam oleh generasi pertama Punto, dan pada tahun 1999, ia memperkenalkan penerus untuk itu, tersedia dalam tiga dan lima pintu bodyworks. Pembuat mobil Italia itu sudah dikenal sebagai ahli Eropa dalam membangun kendaraan berukuran kecil. Contoh-contoh seperti 500, 600, atau 125 hanya beberapa contoh. Pada tahun 1999, Fiat memiliki keuntungan dari papan nama yang sudah dikenal dan, berkat keahliannya, berhasil mengulangi kesuksesan. Dengan desain yang berani untuk kelasnya, Punto dipamerkan di Frankfurt Motor Show 1999, dan itu adalah salah satu kendaraan terpenting yang diluncurkan di sana. Lampu depan yang tajam dan garis-garis yang mengalir tidak biasa untuk segmen-kecil. Meskipun itu hanya kendaraan biasa, ia mencoba menunjukkan gaya yang menarik. Tidak seperti saudara tiga pintu, versi lima pintu tampak lebih seimbang dan, berkat pilar-C yang lebih ramping, lebih praktis di lingkungan perkotaan. Fiat mencoba membuat Punto terjangkau dan, untuk itu, ia harus menggunakan bahan-bahan murah di dalamnya. Dasbor plastik dengan cluster instrumen sederhana dan stereo yang dipasang di atas (ditawarkan sebagai opsi) hanyalah satu contoh. Tidak ada tachometer atau pengukur suhu pendingin untuk versi dasar, tetapi saudara opsi penuh menunjukkan panel instrumen lengkap, termasuk komputer on-board. Di belakang, Fiat memasang seatback split-folding untuk seluruh kisaran. Di bawah kap, pembuat mobil memasang pilihan lima mesin. Level dasar ditenagai oleh mesin 1,2 liter yang hanya menyediakan 60 hp. Untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik, Fiat memperkenalkan mesin diesel 1,9 liter dengan atau tanpa turbocharger.