Itu adalah fiat unik yang dibangun untuk bersalah, sporty, kesenangan, dengan sistem mesin menengah dan roda belakang yang menyalakan imajinasi penggemar mobil. Pada awal 70-an, hanya beberapa supersport yang dipasang di antara kursi dan roda belakang. Tetapi Fiat menganggap bahwa jika resep itu berhasil untuk mereka, itu akan bekerja dengan baik untuk kendaraan pasar massal, seperti X1 / 9. Untuk saat-saat itu, itu seperti mobil konsep yang dibangun di jalur perakitan. Bertone merancang kendaraan berbentuk terjepit sebagai targa, dengan atasan yang dapat dilepas. Itu membuat lengkungan keselamatan di belakang kabin, di ujung belakang mobil. Untuk pasar Eropa, bumper terbuat dari karet. Mereka dibungkus dengan baik di sekitar depan dan belakang. Untuk versi Pasar A.S., pembuat mobil harus menginstal bumper yang lebih besar dengan bagian-bagian logam krom yang dibangun di atas bagian karet yang lebih tebal untuk mematuhi peraturan keselamatan, tetapi itu merusak citra Roadster. Di dalam, ada ruang untuk dua penumpang, dan itu cocok untuk orang-orang tinggi rata-rata tetapi dianggap kecil untuk yang lebih tinggi. Itulah sebabnya Bertone memodifikasi lantai kendaraan dan memperkenalkan versi dengan lebih banyak ruang kaki setelah tahun 1982. Dua kursi ember dipasang sebagai standar dan ditutupi dengan kulit buatan manusia, bernama Leatherette. Di bawah kap, Fiat X1 / 9 menampilkan mesin 1,3 liter yang dilakukan dari Fiat 128 yang dipasangkan ke gearbox manual 4-speed. Itu adalah mesin hemat bahan bakar tetapi hampir tidak bisa membuat mobil mencapai 105 mph (170 kpj). Pada tahun 1979, Fiat memperkenalkan mesin baru dan 1,5 liter yang dipasangkan ke manual 5-speed yang dapat mendorong Roadster Kecil Nimble menjadi 112 mph (180 kpj). Bukan perbaikan besar, tetapi tetap saja, itu lebih baik berkat transmisi 5-kecepatan itu.