Setelah gagal memenangkan pelanggan dengan probe, Ford mencoba lagi pada tahun 1998 dengan Cougar, tetapi papan nama itu tidak cukup untuk meyakinkan pelanggan. Merkuri menggunakan papan nama Cougar sejak 1967 untuk kendaraan yang paling sukses yang pernah dibuat yang merupakan Ford Mustang yang lebih panjang dan lebih mewah. Itu memberikan kinerja dan kenyamanan. Generasi Kedelapan diperkenalkan pada tahun 1998 dan merupakan yang pertama menawarkan tata letak penggerak roda depan. Versi Eropa dari Cougar dijual dengan Badge Ford di atasnya. Kedua kendaraan didasarkan pada platform yang sama dengan generasi pertama Ford Mondeo / Contour - Mystique Mercury. Ford Cougar dirancang dan diluncurkan dalam tren tepi baru dan gabungan garis panjang dan melengkung dengan sudut tajam. Cougar itu seperti itu, dengan lampu depannya yang tajam dan grille elips di sisi bawah bumper. Beltline naik dan rumah kaca melengkung membentuk bentuk ellipsoid lain dari sisi-sisinya, dengan jendela belakang segitiga. Di belakang, lampu belakang menutupi sudut dengan bentuk yang sama. Interiornya lebih konservatif, seperti jika para desainer tidak punya waktu untuk mengembangkan sesuatu yang baru. Bahkan saudara kandung empat pintu, Mondeo, menampilkan dashboard yang lebih maju. Cougar difokuskan pada tampilan sporty, dengan cluster instrumen yang lebih kecil menjadi tumpukan tengah miring. Sporty Coupe tampil menopang kursi depan dan bangku di belakang dengan ruang kaki yang sangat terbatas. Ford menginstal pilihan dua mesin untuk cougar. Versi Base menampilkan mesin yang dilakukan dari Mondeo: inline-Four, dan A v6. Sayangnya, inline-Four terlalu lemah untuk bersaing dengan kudeta Jepang, dan V6 terlalu haus dan masih rendah pada kinerja.