Generasi kelima dari pengawalan adalah mobil yang dibangun untuk keluarga dan penggemar bersama. Sementara yang pertama biasanya pergi untuk gaya tubuh lain, yang terakhir jatuh untuk coupe. Pada tahun 1990, itu sudah umum untuk menyebutkan coupe hatchback dengan tiga pintu, dan pasar mulai terbiasa dengan itu. Escort tidak terkecuali, tetapi setidaknya ia mencoba untuk memiliki profil gaya coupe dan menawarkan kendaraan dengan mesin spesial dan peningkatan suspensi. Escort menampilkan desain campuran, antara kendaraan yang tampak boxy dari tahun 80-an dan garis-garis yang mengalir dari tahun 90-an. Sementara lampu depan dan gril yang tajam, bilah horizontal masih merupakan sesuatu dari masa lalu, sisa mobil memandang ke masa depan dengan panel tubuh melengkung dan beberapa garis horizontal melintasi mobil dari lampu belakang hingga lampu belakang. Tailgate yang miring berakhir menjadi geladak yang sangat pendek, menginspirasi desain tubuh dua setengah. Interiornya mirip dengan yang dari versi lima pintu. Tachometer tidak dipasang sebagai standar pada setiap versi mesin. Seperti saudara kandungnya, Escort 3-Doors dilengkapi dengan beberapa mesin hemat bahan bakar, dibangun terutama sebagai mobil komuter. Ada ruang terbatas di belakang, tetapi cukup di depan, bahkan untuk penghuni yang lebih tinggi. Ford menginstal berbagai mesin di engine Bay, dimulai dengan mesin yang malas, tetapi hemat bahan bakar, 60 HP, tetapi diperoleh dengan sportiness dengan versi 2.0i yang menawarkan 150 hp.