Ford memperkenalkan generasi keempat dari Explorer pada tahun 2005 sebagai model 2006, dan pembuat mobil meningkatkan sisi eksterior dan teknisnya. Ford dengan nyaman duduk di posisi terdepan di segmen SUV untuk sementara waktu, tetapi kenaikan segmen crossover mengguncang takhta. Efisiensi bahan bakarnya tidak cocok untuk generasi baru pesaing, yang berhasil melangkah lebih jauh dengan lebih sedikit gas. Namun, Ford memiliki beberapa ace di lengan bajunya, dan berhasil meningkatkan SUV ukuran menengah. Sementara penjelajah masih mengandalkan ladder-sasis dan itu bisa pergi pada peta yang belum dipetakan tanpa keringat, SUV ukuran menengah tidak memiliki kinerja di jalan, dan tampilannya sudah ketinggalan zaman. Ford meningkatkan desain dengan memperkenalkan desain gril raksasa dan lencana lebar 7 "(17,8 cm) di bagian depan. Lampu depannya baru dan sedikit dari bumper depan. Di belakang, tailgate sepotong diganti versi yang lebih lama, yang menghadapi beberapa kritikus. Satu set papan berlari yang dapat ditarik dilakukan dari Lincoln Navigator. Di dalam, masih ada ruang untuk tujuh penumpang, dengan ruang terbatas untuk baris terakhir. Dasbor Explorer menerima tumpukan pusat baru dengan bersih, terorganisir tata letak. Ford bersikeras memiliki penampilan yang sulit dan memasang pemilih gigi yang dipasang di lantai menjadi klub baseball. Di cluster instrumen, itu menempatkan dua ganti besar untuk speedometer dan tachometer. Di dalamnya, tetapi lebih kecil, desainer menempatkan bahan bakar. Gauge dan suhu pendingin. Di bawah tenda, penjelajah menerima mesin V6 4.0-liter yang diberi peringkat 210 hp. SUV baru menampilkan GeakeBox otomatis 6-speed standar, yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.